dc.description.abstract | Kurikulum 2013 menekankan pada berbagai aspek seperti aspek sikap
spiritual dan sosial, aspek pengetahuan serta aspek keterampilan. Dalam
penerapan kurikulum 2013, pemerintah menyediakan buku guru dan buku siswa.
Agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dan peserta didik dapat memahami
materi pembelajaran, guru dapat menggunakan lembar kerja sering disebut dengan
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang
ada saat ini hanya memuat 5 kecerdasan, padahal terdapat 9 macam kecerdasan
yang lebih dikenal dengan istilah multiple intelligence. Pengembangan lembar
kerja peserta didik berbasis multiple intelligence perlu dilakukan agar peserta
didik dapat mengembangkan berbagai kecerdasan yang dimiliki dan dapat
meningkatkan kualitas proses serta hasil belajar peserta didik dalam ranah afektif,
kognitif dan psikomotor.
Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah “bagaimanakah proses dan hasil pengembangan lembar kerja peserta didik
(LKPD) berbasis multiple intelligence tema 6 cita-citaku subtema 1 aku dan citacitaku
kelas IV di SDN tegalgede 03 tahun pelajaran 2018/2019?”. Berdasarkan
rumusan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah “untuk mengetahui proses
dan hasil pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis multiple
intelligence tema 6 cita-citaku subtema 1 aku dan cita-citaku kelas IV di SDN
tegalgede 03 tahun pelajaran 2018/2019”.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan
model pengembangan Borg and Gall dengan tahapan sebagai berikut: (1) tahap
analisis kebutuhan; (2) tahap perencanaan; (3) tahap desain produk; (4) tahap validasi; (5) tahap revisi; (6) tahap uji coba produk awal; (7) tahap revisi produk
awal; (8) tahap uji coba produk akhir; dan (9) tahap revisi produk akhir. Dalam
penelitian ini melaksanakan 9 dari 10 tahap penelitian, karena keterbatasan waktu
dan biaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teknik wawancara, angket dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan
adalah lembar validasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh adalah hasil
validasi dan hasil belajar.
Hasil penelitian pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis multiple
intelligence terdiri dari: (a) proses pengembangan LKPD berbasis multiple
intelligence yang terdiri 9 tahap yaitu: (1) tahap analisis kebutuhan, digunakan
untuk mengetahui permasalahan yang mendasari penelitian dilakukan dengan
studi pustaka dan studi lapangan; (2) tahap perencanaan, digunakan untuk
memberikan informasi dalam mengembangkan produk; (3) tahap desain produk,
dilakukan penyusunan rancangan dan pengembangan desain; (4) tahap validasi
desain produk, dilakukan untuk mengetahui kelayakan produk; (5) tahap revisi,
dilakukan perbaikan berdasarkan hasil validasi; (6) tahap uji coba produk awal,
dilakukan untuk mengetahui kesesuaian produk dengan kebutuhan peserta didik;
(7) tahap revisi produk awal, dilakukan perbaikan sesuai dengan hasil uji coba
produk awal; (8) tahap uji coba produk akhir, dilakukan untuk mengetahui
keefektivitasan produk dengan mengukur hasil belajar peserta didik; dan (9) tahap
revisi produk akhir, dilakukan perbaikan sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
dan (b) hasil pengembangan LKPD berbasis multiple dapat dilihat dari persentase
kelayakan produk dan persentase hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase hasil validasi produk sebesar
86,4% dengan kategori sangat layak dan hasil validasi soal posttest sebesar 92,6%
dengan kategori sangat layak. Untuk hasil belajar diperoleh hasil yaitu persentase
ranah afektif sebesar 100% dengan kategori sangat baik, persentase ranah kognitif
sebesar 76% dengan kategori baik, serta persentase ranah psikomotor sebesar 79%
dengan kategori baik.
Berdasarkan pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa proses
pengembangan LKPD telah berjalan sesuai tahap penelitian model pengembangan Borg and Gall dan LKPD berbasis multiple intelligence layak digunakan dalam
pembelajaran dan dapat mengembangkan sikap, pengetahuan, keterampilan serta
kecerdasan linguistik-verbal, matematis-logis, visual-spasial, gerak-kinestetik,
interpersonal, intrapersonal, irama-musik, naturalis dan eksistensional. Saran dari
penelitian ini adalah soal-soal yang ada dalam LKPD terbatas, sehingga perlu
adanya soal-soal yang lebih bervariasi dan juga perlu adanya tahap lanjutan yaitu
tahap penyebaran | en_US |