Show simple item record

dc.contributor.advisorWidodo, Joko
dc.contributor.advisorZulianto, Mukhamad
dc.contributor.authorAYUNINGTIAS, Novinda
dc.date.accessioned2019-09-13T06:15:19Z
dc.date.available2019-09-13T06:15:19Z
dc.date.issued2019-09-13
dc.identifier.nimNIM150210301065
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92757
dc.description.abstractKota Banyuwangi kini menjadi sorotan masyarakat untuk dijadikan salah satu pilihan tempat berwisata. Perkembangan sektor pariwisata tersebut banyak dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk mendirikan beberapa usaha baru seperti pusat oleh-oleh. Oleh-oleh memang sudah menjadi nilai budaya dan menjadi sebuah tradisi bagi masyarakat Indonesia. Sudah menjadi kebiasaan setiap orang yang datang ke suatu kota untuk membeli makanan khas daerah sebagi oleh-oleh bagi teman dan keluarganya. Banyaknya pelaku usaha yang memproduksi produk sejenis membuat persaingan usaha semakin ketat. Hal tersebut mengakibatkan masing-masing perusahaan berusaha untuk memenangkan persaingan dengan menghasilkan produk terbaru yang bertujuan untuk menarik minat konsumen dan menciptakan keunggulan bersaing. Salah satu strategi yang dapat digunakan pelaku usaha untuk memenangkan persaingan adalah melalui inovasi dan diversifikasi produk. Inovasi dan diversifikasi produk bisa menjadi salah satu upaya perusahaan untuk mempertahankan konsumen dan menarik pasar lebih luas, sehingga perusahaan tidak kalah saing dengan perusahaan-perusahaan sejenisnya. UD. Sri Rejeki merupakan salah satu usaha yang memproduksi oleh-oleh khas Banyuwangi yang sudah berdiri sejak tahun 1980 dan mampu bertahan sekaligus berkembang di tengah-tengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Produk UD. Sri rejeki juga tidak hanya dipasarkan di wilayah Banyuwangi saja, melainkan sudah tersebar di berbagai daerah seperti seluruh kota di Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan, Bali, dan sebagian wilayah Mataram. Perkembangan usaha dan luasnya wilayah pemasaran tentu tidak lepas dari adanya inovasi dan diversifikasi yang dilakukan oleh perusahaan, sehingga produk-produk yang dihasilkan mampu bertahan dan memiliki daya beda di pasaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan strategi inovasi dan diversifikasi produk yang dilakukan pada Pusat Oleh-Oleh Khas Banyuwangi UD. Sri Rejeki. Subjek dalam penelitian ini adalah pemilik dari Pusat Oleh-Oleh Khas Banyuwangi UD. Sri Rejeki sebagai informan utama, dimana informan utama dalam penelitian ini memiliki kewenangan dalam menentukan strategi inovasi dan diversifikasi mana yang akan digunakan oleh perusahaan, serta informan pendukung dalam penelitian ini 6 orang karyawan dari Pusat Oleh-Oleh Khas Banyuwangi UD. Sri Rejeki. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumen.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries150210301065;
dc.subjectUD. Sri Rejekien_US
dc.subjectDiversifikasien_US
dc.titleStrategi Inovasi dan Diversifikasi Produk Pusat Oleh-Oleh Khas Banyuwangi UD. Sri Rejeki Kecamatan Genteng Banyuwangien_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record