Show simple item record

dc.contributor.advisorUmamah, Nurul
dc.contributor.advisorNa‟im, Mohammad
dc.contributor.authorAGUSTIN, Nisa Amalia
dc.date.accessioned2019-09-12T05:07:08Z
dc.date.available2019-09-12T05:07:08Z
dc.date.issued2019-09-12
dc.identifier.nimNIM150210302005
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92738
dc.description.abstractPembelajaran sejarah bertujuan mengembangkan historical thinking skill yang menjadi dasar bagi peserta didik untuk mengembangkan kemampuan keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skill). Namun pada kenyataannya dari hasil observasi pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 2 SMA Negeri Jenggawah memiliki permasalahan terkait rendahnya higher order thinking skill, hal tersebut ditunjukkan: (1) materi yang disampaikan oleh pendidik hanya terfokus pada fakta-fakta sejarah berupa tanggal dan tokoh dari peristiwa sejarah; (2) 80% peserta didik hanya mampu menjawab pertanyaan pada ranah kognitif C1 dan C2; (3) 70% peserta didik dalam menyampaikan materi diskusi tidak menggunakan bahasa sendiri melainkan hanya dengan menggunakan bahasa buku teks; (4) 65% peserta didik masih kesulitan menyampaikan pendapat dari berbagai sudut pandang. Selain itu metode pembelajaran yang digunakan di dalam kelas masih menggunakan metode pembelajaran ceramah atau konvensional sehingga tujuan pembelajaran sejarah belum tercapai sepenuhnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, strategi brain based learning digunakan untuk meningkatkan higher order thinking skill dan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan strategi brain based learning dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan higher order thinking skill peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 2 SMA Negeri Jenggawah tahun ajaran 2018/2019; (2) bagaimanakah penerapan strategi brain based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 2 SMA Negeri Jenggawah tahun ajaran 2018/2019. Tujuan penelitian untuk menganalisis strategi brain based learning dalam meningkatkan higher order thinking skill dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 2 SMA Negeri Jenggawah dengan jumlah 32 peserta didik. Desain penelitian denganmenggunakan skema model Kemmis and Taggart, metode pengumpulan data menggunakan model observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan persentase higher order thinking skill peserta didik, sebagai berikut: (1) pada indikator menganalisis siklus 1 sebesar 58,59%, pada siklus 2 diperoleh sebesar 73,44%, dan pada siklus 3 sebesar 81,30%; (2) pada indikator mengevaluasi siklus 1 diperoleh sebesar 52,34%, pada siklus 2 diperoleh sebesar 68,75%, dan pada siklus 3 sebesar 79,70%; (3) pada indikator mengkreasi siklus 1 diperoleh sebesar 48,44%, pada siklus 2 diperoleh sebesar 64,06%, dan pada siklus 3 sebesar 76,60%. Sedangkan hasil belajar peserta didik pada siklus 1 memperoleh rata-rata sebesar 70,5. Pada siklus 2 sebesar 77,03 dan pada siklus 3 sebesar 78,93. Kesimpulan hasil penelitian: (1) penerapan strategi brain based learning dapat meningkatkan higher order thinking skill peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri Jenggawah pada mata pelajaran sejarah, pada siklus 1 persentase secara klasikal sebesar 53,10% pada siklus 2 persentase secara klasikal meningkat sebanyak 15,65% sehingga menjadi 68,75%, pada siklus 3 persentase klasikal meningkat dari siklus 2 sebanyak 10,45% sehingga ketuntasan klasikal meningkat menjadi 79,20%; (2) penerapan strategi brain based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri Jenggawah pada mata pelajaran sejarah, rata-rata hasil belajar pada siklus 1 sebesar 70,50 meningkat 3,53 sehingga siklus 2 diperoleh hasil sebesar 74,03, pada siklus 2 meningkat 4,9 sehingga siklus 3 diperoleh hasil sebesar 78,93. Penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi penelitian selanjutnya, dan juga sebagai rekomendasi terkait strategi pembelajaran brain based learning dan higher order thinking skill pada pembelajaranssejarah.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries150210302005;
dc.subjectBrain Based Learningen_US
dc.subjectHigher Order Thinking Skillen_US
dc.subjectPeserta Didiken_US
dc.titlePenerapan Strategi Brain Based Learning Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 2 SMA Negeri Jenggawah Tahun Ajaran 2018/2019en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record