dc.description.abstract | Masa usia dini merupakan masa yang tepat untuk meletakkan dasar-dasar pengembangan kemampuan anak, terutama kemampuan agama dan moral. Penanaman nilai-nilai agama dan moral pada anak usai dini merupakan pondasi yang kokoh dan sangat penting keberadaannya, jika hal itu telah tertanam serta terpatri dengan baik sejak dini, maka akan menjad awal yang baik bagi pendidikan anak bangsa untuk menjalani pendidikan selanjutnya. Penanaman nilai-nilai agama dan moral di Taman Kanak-kanak tidak lepas dari peran seorang guru. Guru memiliki peran yang sangat penting, guru harus mampu menerapkan berbagai metode dan strategi belajar yang dapat membuat anak-anak tertarik untuk mengenal nilai-nilai agama dan moral. Berdasarkan hasil observasi di TK Darus Sholah kegiatan penanaman nilai-nilai agama dan moral sudah dilaksanakan, seperti sholat berjama'ah, berdoa sebelum dan sesudah kegiatan, melatih anak beramal, dan sebagainya. Berdasarkan uraian tersebut, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimanakah peranan guru dalam penanaman nilai-nilai agama dan moral anak dengan menggunakan metode bercerita kelompok 134 di TK Darus Sholah Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Subyek penelitian ini adalah guru kelas dan anak kelompok B4 di TK Dams Sholah Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data megnggunakan teknik analisis model interakktif menurut Miles dan Huberman (dalam Idrus 2009:148) yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi tentang peranan guru dalam penanaman nilai-nilai agama dan moral anak kelompok B4 di TK Darus Sholah. Penyajian data dalam bentuk teks naratif tentang peranan guru dalam penanaman nilai-nilai agama dan moral anak kelompok B4 di TK Darus Sholah, dan penarikan kesimpulan tentang bagaimana peranan guru dalam penanaman nilai-nilai agama dan moral anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan guru dalam penanaman nilai-nilai agama dan moral anak kelompok B4 yang dilakukan di TK Dams Sholah meliputi: peranan guru sebagai pengajar, peranan guru sebagai pembimbing, peranan guru sebagai motivator, dan peranan guru sebagai teladan. Hasil observasi tentang peranan guru dalam penanaman nilai-nilai agama dan moral anak, hampir di setiap pertemuan guru dan anak mendapatkan capaian penilaian yang baik. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasi checklist skor peranan guru yang hampir mendapatkan skor 4 seluruhnya. Hasil checklist tentang peranan guru diperkuat lagi dengan basil observasi sikap anak dalam beberapa pertemuan yang menunjukkan bahwa perkembangan agama dan moral (sikap religius, sopan santun, tanggung jawab) anak di TK Darus Sholah rata-rata mendapatkan capaian penilalaian yang baik. Guru diharapkan lebih meningkatkan peranannya dalam penanaman nilai-nilai agama dan moral anak dengan menggunakan metode bercerita, seperti memberikan arahan dan bimbingan serta pendidikan kepada anak dengan terus memberikan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan agar anak selalu senang, dan memberikan motivasi agar anak semangat belajar. | en_US |