Show simple item record

dc.contributor.advisorHendrawijaya, H. AT.
dc.contributor.advisorIndrianti, Deditiani Tri
dc.contributor.authorNI'MAH, Khudifatun
dc.date.accessioned2019-09-03T03:06:37Z
dc.date.available2019-09-03T03:06:37Z
dc.date.issued2019-09-03
dc.identifier.nimNIM140210201005
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92420
dc.description.abstractSetiap manusia memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan, namun realita sosial menunjukkan bahwa pendidikan belum dirasakan oleh seluruh masyarakat khususnya perempuan. Rendahnya pendidikan yang diperoleh perempuan membuat banyak permasalahan dalam kehidupannya. Permasalahan perempuan yang menjadi pokok masalah adalah kesehatan reproduksi perempuan. Fakta belum terpenuhinya hak reproduksi perempuan terrefleksikan dengan masih tingginya morbiditas dan mortalitas ibu di Indonesia. Sekolah Perempuan Jember yang fokus kegiatannya pada pemberdayaan perempuan memberikan solusi pada bidang pendidikan yang disesuaikan dengan permasalahan perempuan atau kebutuhan perempuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran Sekolah Perempuan Jember dalam meningkatkan pemahaman hak kesehatan reproduksi perempuan di Kabupaten Jember? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Sekolah Perempuan Jember dalam meningkatkan pemahaman hak kesehatan reproduksi perempuan di Kabupaten Jember. Hasil penelitian ini akan bermanfaat sebagai referensi teoritis bagi pengembangan keilmuan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah dan secara praktis hasil penelitian ini diharapkan menjadi salah satu pengaplikasian materi yang diperoleh peneliti di perkuliahan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat yang digunakan sebagai penelitian berada di Sekolah Perempuan Jember. Alasan pemilihan Sekolah Perempuan Jember menjadi tempat penelitian berdasarkan metode purposive area. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Agar kepercayaan terhadap data menjadi tinggi maka digunakan perpanjangan keikutsertaan. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Perempuan Jember memiliki tiga peran, yaitu (1) membangun kesadaran kritis perempuan yaitu dengan mengidentifikasi masalah pemahaman perempuan yang masih rendah tentang kesehatan reproduksi, menentukan unsur-unsur yang mempengaruhinya serta menawarkan solusi alternatif dengan melakukan sosialisasi dan penyadaran tentang kesehatan reproduksi dengan kajian materi yang sudah ditentukan oleh Sekolah Perempuan Jember, (2) mendorong aksi transformatif perempuan yang dilakukan melalui dua ranah, yaitu ranah domestik dan ranah publik, (3) memperluas dialog konstruktif yang bersifat membina, memperbaiki serta membangun warga belajar agar bisa memperluas dialog dan menjadi lebih baik dalam melakukan dialog. Sehingga Sekolah Perempuan Jember berperan dalam meningkatkan pemahaman hak kesehatan reproduksi perempuan, yaitu (1) hak untuk mendapatkan informasi, komunikasi dan edukasi tentang kesehatan reproduksi yaitu bekerjasama dengan bidan setempat untuk dijadikan sebagai tutor, (2) hak untuk kebebasan berfikir tentang kesehatan reproduksi yaitu dengan mempertimbangkan dampak komunikasi, informasi dan edukasi kesehatan reproduksi, dan (3) hak mendapatkan manfaat dari kemajuan ilmu pengetahuan terkait kesehatan reproduksi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Sekolah Perempuan Jember memiliki peran untuk membangun kesadaran kritis, mendorong aksi transformatif, dan memperluas dialog konstruktif. Sehingga Sekolah Perempuan Jember berperan dalam meningkatkan pemahaman hak kesehatan reproduksi perempuan yaitu hak mendapatkan informasi, komunikasi dan edukasi, hak untuk kebebasan berfikir, serta hak mendapatkan manfaat dari kemajuan ilmu pengetahuan terkait kesehatan reproduksi. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu sebaiknya Sebaiknya Sekolah Perempuan Jember lebih menekankan aksi transformatif yang diberikan kepada warga belajar, agar warga belajar mampu mengaplikasikan aksi transformatif dalam kehidupan sehari-hari.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210201005;
dc.subjectPemahaman Hak Kesehatanen_US
dc.subjectReproduksi Perempuanen_US
dc.subjectSekolah Perempuanen_US
dc.titlePeran Sekolah Perempuan Jember dalam Meningkatkan Pemahaman Hak Kesehatan Reproduksi Perempuan di Kabupaten Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record