dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengkaji pengaruh model Collaborative Creativity (CC) terhadap kemampuan literasi sains di SMA. 2) Mengkaji pengaruh model Collaborative Creativity (CC) terhadap hasil belajar fisika di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Penentuan tempat penelitian menggunakan teknik purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Rambipuji tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini menggunakan cluster rondom sampling dengan teknik undian setelah kelas
dinyatakan homogen dengan menggunakan uji homogenitas. Desain penelitian yang digunakan adalah Control-Group Post test Only Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes yang dilakukan di akhir pembelajaran (post-test). Metode analisis data kemampuan literasi sains dan hasil belajar yang digunakan untuk menguji hipotesis statistiknya dengan menggunkan Uji Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 23.
Data yang diperoleh antara lain yaitu nilai rata-rata post-test kemampuan literasi sains dan hasil belajar fisika. Nilai rata-rata post-test kemampuan literasi sains kelas eksperimen sebesar 68,81, sedangkan nilai rata-rata post-test kemampuan literasi sains kelas kontrol sebesar 61,86. Berdasarkan hasil analisis data kemampuan literasi sains menggunakan Uji Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 23 menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,009 0,05 menunjukkan bahwa Ho ditolak yang berarti kemampuan literasi sains kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol dengan rata-rata nilai kemampuan literasi sains siswa kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol, sehingga model Collaborative Creativity (CC) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains di SMAN Rambipuji. Nilai rata-rata post-test hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 80,83, sedangkan nilai rata-rata post-test hasil belajar fisika kelas kontrol sebesar 73,57. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siswa menggunakan Uji Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 23 menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001 0,05. menunjukkan bahwa Ho ditolak yang berarti hasil belajar fisika kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol, sehingga model Collaborative Creativity (CC) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMAN Rambipuji.
Dapat disimpulkan bahwa model Collaborative Creativity (CC) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan literasi sains dan hasil belajar fisika pada materi gerak lurus di SMAN Rambipuji. | en_US |