dc.description.abstract | Gallery Batik Sisikmelik adalah salah satu usaha di bidang fashion batik
yang ada di Kabupaten Banyuwangi yang menjual berbagai macam produk kain
batik, baju jadi yang berbahan dasar batik serta menerima jahitan sesuai
permintaan dari konsumen, baik motif, ukuran, model sesuai dengan permintaan
konsumen. Produsen menjalankan usaha tersebut menggunakan komunikasi
pemasaran terpadu sebagai cara untuk mengenalkan produknya kepada calon
konsumen. Komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh produsen diantaranya
periklanan melalui media cetak seperti spanduk dan reklame ruang ruangan,
media elektronik seperti siaran radio dan TV, dan melalui media internet seperti
instagram, facebook, dan whatsApp, penjualan personal, promosi penjualan
berupa pemberikan voucher belanja dan diskon yang tidak hanya diberikan di
outlet saja namun diberikan melalui akun instagram, hubungan masyarakat,
pemasaran langsung dan pemasaran via internet.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran
terpadu Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi. Subjek dalam
penelitian ini adalah pemilik Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi
sebagai informan utama, dimana informan utama dalam penelitian ini meliliki
kewenangan dalam menentukan strategi dan mempertimbangkan penggunaan
media komunikasi pemasaran terpadu yang akan digunakan, dan informan
pendukung dalam penelitian ini ada 3 orang konsumen dan 1 orang karyawan dari
Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi. Metode pengumpulan data
yang digunakan terdiri dari metode wawancara, metode observasi, dan metode
dokumen. | en_US |