• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Pemasaran Produk Olahan Ikan Buntal (Lagocephalus spadiceus) Agroindustri Jaya Utama di Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo

    Thumbnail
    View/Open
    Ika Kurnia Julistia Ningsih-141510601101.pdf (1.291Mb)
    Date
    2019-08-23
    Author
    NINGSIH, Ika Kurnia Julistia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Agroindustri Jaya Utama merupakan salah satu agroindustri di Kota Probolinggo yang mampu memanfaatkan dan mengembangkan ikan buntal Lagocephalus spadiceus melalui proses pengolahan. ikan buntal oleh masyarakat dikenal sebagai ikan beracun dan tidak aman untuk dikonsumsi, sehingga menjadi sebuah tantangan bagi Agroindustri Jaya Utama untuk memasarkan produknya. Setiap perusahaan tidak lepas dari strategi pemasaran, untuk merumuskan strategi pemasaran yang tepat perlu dilihat kondisi pemasaran yang telah dilakukan oleh perusahaan. Pemilihan alternatif strategi pemasaran perlu dilakukan secara tepat melalui analisis lingkungan internal (keunggulan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman) yang dihadapi oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kondisi pemasaran olahan ikan buntal yang dilakukan oleh Agroindustri Jaya Utama di Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo, 2) untuk mengetahui prioritas strategi pemasaran produk olahan ikan buntal yang dapat dilakukan Agroindustri Jaya Utama di Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah metode purposive sampling. Metode pengambilan data menggunakan metode wawancara terstuktur dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mendeskripsikan kondisi pemasaran produk olahan ikan buntal berdasarkan bauran pemasaran (Marketing Mix) 4P. Analisis SWOT dan QSPM digunakan untuk menganalisis prioritas strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh Agroindustri Jaya Utama di Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Hasil penelitian ini yaitu produk fillet ikan buntal, rambak kulit ikan buntal, serta rempeyek tulang ikan buntal secara keseluruhan memiliki kualitas yang cukup baik. Namun, desain kemasan untuk produk olahan ikan buntal oleh sebagian besar konsumen dianggap kurang menarik. Agroindustri Jaya Utama dalam upaya memasarkan produk olahan ikan buntal memberikan layanan tambahan melalui layanan telepon dan internet. Penetapan harga dengan mempertimbangkan biaya produksi. Agroindustri Jaya Utama tidak memiliki outlet untuk memasarkan produknya, sedangkan rumah produksi Agroindustri Jaya Utama tidak strategis karena berada di dalam gang kecil. Oleh karena itu, perlu adanya oultet maupun perantara pemasaran dalam memasarkan produk olahan ikan buntal. Promosi dilakukan oleh Agroindustri Jaya Utama melalui metode mouth to mouth, melalui internet serta pameran produk. Berdasarkan hasil analisis SWOT terdapat tujuh alternatif strategi yang dapat dianalisis dengan QSPM, meliputi 1) Meningkatkan kemampuan tenaga kerja pemasaran dalam memanfaatkan internet sebagai media pemasaran melalui pelatihan yang diberikan oleh dinas terkait untuk memperluas pasar, 2) Meningkatkan kualitas produk sehingga produk yang ditawarkan dapat bersaing dengan produk pesaing, 3) Membuka outlet di tempat yang strategis menarik minat konsumen potensial, 4) Menjalin kerjasama dengan pemasok untuk mempertahankan ketersediaan produk, 5) Bekerjasama dengan distributor potensial untuk memperluas wilayah pemasaran, 6) Melakukan promosi secara berkelanjutan melalui berbagi media pemasaran untuk mengenalkan produk secara lebih luas, 7) Menciptakan desain serta cita rasa baru sehingga konsumen lebih tertarik pada produk yang ditawarkan dan produk mampu bersaing di pasaran. Berdasarkan analisis QSPM, alternatif strategi yang diprioritaskan untuk diimplementasikan oleh Agroindustri Jaya Utama adalah membuka outlet di tempat yang strategis untuk menarik minat konsumen potensial dengan nilai TAS sebesar 7,1974. Prioritas ketujuh, yaitu meningkatkan kemampuan tenaga kerja pemasaran dalam memanfaatkan internet sebagai media pemasaran melalui pelatihan yang diberikan oleh dinas terkait untuk memperluas pasar dengan nilai TAS sebesar 5,5705.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92143
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12462]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository