Show simple item record

dc.contributor.advisorWIDAYATI, Endang Sri
dc.contributor.advisorHUSNIAH, Furoidatul
dc.contributor.authorRHOMADHONI, Fadhila
dc.date.accessioned2019-08-22T06:58:04Z
dc.date.available2019-08-22T06:58:04Z
dc.date.issued2019-08-22
dc.identifier.nimNIM140210402038
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92097
dc.description.abstractPsikologi sosial dalam naskah drama menarik untuk dikaji, karena naskah drama diangkat dari kehidupan manusia dalam kaitannya dengan makhluk sosial yang menyebabkan munculnya psikologi tokoh yang dipengaruhi dari prosesproses sosial. Naskah drama AAK dipilih sebagai objek penelitian dengan alasan psikologi tokoh pada naskah ini dipengaruhi dari proses sosial berupa pengasingan yang dilakukan masyarakat terhadap keluarga Zuraida karena merupakan keturunan tokoh pembantai manusia. Pengkajian psikologi sosial dapat dimanfaatkan sebagai alternatif materi pembelajaran drama di SMA kelas XI semester 2 dengan KD 3.19 Menganalisis isi dan kebahasan drama yang dibaca atau ditonton. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimanakah unsur intrinsik dalam naskah drama Anakanak Kegelapan karya Ratna Sarumpaet yang meliputi tema, tokoh dan penokohan?; (2) Bagaimanakah pengaruh sosial terhadap proses individual pada tokoh Ibu Haryati dan anak-anaknya dalam naskah drama Anak-anak Kegelapan karya Ratna Sarumpaet?; (3) Bagaimanakah pemanfaatan hasil penelitian naskah drama Anak-anak Kegelapan sebagai alternatif pembelajaran drama di SMA? Rancangan penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa naskah drama Anak-anak Kegelapan karya Ratna Sarumpaet dan kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2016. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata, kalimat, paragraf, dan dialog yang diindikasikan sebagai unsur intrinsik tema, tokoh, dan penokohan, serta pengaruh masalah sosial terhadap psikologi tokoh Ibu Haryati dan anak-anaknya yang terdapat dalam naskah drama Anakanak Kegelapan karya Ratna Sarumpaet dan KD yang terdapat pada kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2016 tingkat SMA kelas XI semester 2. Teknik analisis data terdiri dari lima tahap, yaitu membaca, mereduksi data, penyajian data, interpretasi data, penafsiran data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa. (1) Tema dalam naskah drama Anak-anak Kegelapan karya Ratna Sarumpaet adalah penderitaan yang dialami oleh keturunan tokoh peembantai manusia akibat diskriminasi yang dilakukan oleh masyarakat. Tokoh utama dalam naskah drama AAK karya Ratna Sarumpaet adalah Zuraida, sedangkan tokoh lainnya adalah Ibu Haryati, Rachman, dan Aini. Perwatakan dalam naskah drama tersebut digambarkan melalui dimensi fisiologis, dimensi sosiologis, dan dimensi psikologis. Zuraida merupakan sarjana yang bersifat kritis yang berusaha membuktikan keluarganya bukan keturunan pembantai manusia. Zuraida menjadi pemarah karena bayangan masa lalu keluarganya itu. Ibu Haryati merupakan Ibu yang bekerja di pemerintahan. Dia seorang yang sangat tinggi hati. Rachman bekerja sebagai pengedar obat terlarang, sedangkan Aini bekerja menjadi PSK demi memenuhi tuntutan Ibunya. Penggambaran dimensi tokoh tersebut menggunakan teknik analitik dan ekspositori untuk menggambarkan tokoh daam cerita. (2) Psikologi sosial yang dikaji dalam penelitian ini yaitu pengaruh masalah sosial seperti konflik, stereotip, prasangka, dan diskriminasi terhadap psikologi tokoh Ibu Haryati, Zuraida, Aini, dan Rachman. Masalah sosial tersebut memunculkan kemarahan, kesedihan, penyesalan, kecemasan, ketidaknyamanan, dan penderitaan yang dirasakan oleh tokoh-tokoh tersebut ; (3) Hasil penelitian naskah drama AAK karya Ratna Sarumpaet dapat dijadikan sebagai alternatif materi pembelajaran drama di SMA kelas XI semester 2. Dalam hal ini siswa diberi materi mengenai konsep dasar drama, unsur intrinsik dan ekstrinsik, kemudian diminta memahami materi tersebut secara berkelompok. Selanjutnya siswa diminta menganalisis unsur intrinsik (tema, tokoh dan penokohan) dan ekstrinsik (psikologi sosial) naskah drama yang akan dipresentasikan di depan kelas. Penelitian ini disarankan untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, peneliti selanjutnya yang sebidang ilmu. Penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi dalam penerapan analisis karya sastra, materi pembelajaran, pengembangan penelitian sesuai dengan teori psikologi sosial.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210402038;
dc.subjectPsikologi sosialen_US
dc.subjectnaskah dramaen_US
dc.subjectkehidupan manusiaen_US
dc.subjectmakhluk sosialen_US
dc.subjectproses-proses sosialen_US
dc.subjectsosialen_US
dc.subjectNaskah drama AAKen_US
dc.titlePsikologi Sosial Dalam Naskah Drama “Anak-Anak Kegelapan” Karya Ratna Sarumpaet Dan Pemanfaatannya Sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Drama Di Smaen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record