dc.description.abstract | Penelitian ini berjudul “Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan
Sosial terhadap Minat Berwirausaha melalui Efikasi Diri Mahasiswa Universitas
Swasta di Jember”. Penelitian ini adalah bertujuan untuk menganalisis pengaruh
lingkungan keluarga dan lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha melalui
efikasi diri mahasiswa universitas swasta di Jember. Populasi dalam penelitian ini
adalah mahasiswa universitas swasta di Jember. Metode sampling yang digunakan
dengan menggunakan teknik multistage sampling dengan jumlah responden
sebanyak 120 orang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 4
variabel terdiri dari 2 variabel bebas yaitu lingkungan keluarga dan lingkungan
sosial, 1 variabel intervening yaitu efikasi diri, dan 1 variabel terikat yaitu minat
berwirausaha. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data
primer dan sekunder yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dengan
pengukuran variabel menggunakan Skala Likert. Alat analisis yang digunakan
adalah Analisis Jalur untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung
antara variabel bebas dan variabel terikat. Hasil penelitian pada mahasiswa
universitas swasta di Jember menunjukkan bahwa secara langsung lingkungan
keluarga berpengaruh signifikan terhadap efikasi diri mahasiswa, lingkungan
sosial berpengaruh signifikan terhadap efikasi diri mahasiswa, lingkungan
keluarga berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa,
lingkungan sosial berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha
mahasiswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa secara tidak langsung
lingkungan keluarga berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa
melalui efikasi diri dan lingkungan sosial berpengaruh secara tidak langsung
terhadap minat berwirausaha mahasiswa melalui efikasi diri. Besarnya persentase
proporsi pengaruh variabel lingkungan keluarga dan lingkungan sosial terhadap efikasi diri, dapat diketahui dari nilai Adjusted R Square (R2) menunjukkan
sebesar 0,539 atau 53,9%, sedangkan besarnya persentase proporsi pengaruh
variabel lingkungan keluarga dan lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha
mahasiswa, dapat diketahui dari nilai Adjusted R Square (R2) menunjukkan
sebesar 0,367 atau 36,7% (Sumber: Lampiran 10) dan sisanya 63,3% dipengaruhi
atau dijelaskan oleh faktor lainnya yang tidak dimasukkan dalam model penelitian
ini. | en_US |