dc.description.abstract | Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru kelas IV di SDN Keting 01 pada hari Selasa tanggal 9 Januari 2018, diperoleh beberapa pemasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran yaitu pelaksanaan pembelajaran PKn masih kurang bervariatif dan kurang berpusat pada siswa (student centered). Guru masih berpacu pada buku paket saat pembelajaran. Meskipun sudah dilakukan diskusi saat pembelajaran, namun hasil belajar siswa masih rendah. Aktivitas belajar siswa saat proses pembelajaran juga belum maksimal. Observasi yang dilakukan dengan mengamati proses pembelajaran dalam kelas menunjukkan bahwa guru masih belum maksimal dalam melaksanakan proses pembelajaran. Berdasarkan pada kenyataan tersebut, maka dipilihlah model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) berbantuan media video untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran PKn di SDN Keting 1 Jember. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan media video dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pokok bahasan pengaruh globalisasi terhadap lingkungan di SDN Keting 01 Jember semester II tahun pelajaran 2017/2018? Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan media video dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pokok bahasan pengaruh globalisasi terhadap lingkungan di SDN Keting 01 Jember semester II tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan di SDN Keting 01 Jember pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Keting 1 Jember dengan jumlah 13 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. Penelitian menggunakan dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan; (2) tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah (1) observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi dan (4) tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan video pada pembelajaran PKn pokok bahasan pengaruh globalisasi terhadap lingkungan pada siswa kelas IV di SDN Keting 01 Jember semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Dalam siklus I persentase keaktifan belajar siswa secara klasikal adalah 66,09% dan termasuk dalam kategori kurang aktif, dalam siklus II mengalami peningkatan menjadi 76,91% dan termasuk dalam kategori cukup aktif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan video pada pembelajaran PKn pokok bahasan pengaruh globalisasi terhadap lingkungan pada siswa kelas IV di SDN Keting 01 Jember semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dapat meningkatkan hasil belajar siswa mulai dari siklus I hingga siklus II. Dalam siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 70,26 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal 53,85%, dalam siklus II mengalami peningkatan di mana rata-rata hasil belajar siswa adalah 76,86 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal 76,92%. Saran yang dapat diberikan dari pelaksanaan penelitian ini yaitu (1) siswa harus aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat memberikan motivasi dan semangat bagi siswa untuk belajar PKn dengan menarik dan menyenangkan, dan (2) guru harus memahami kelemahan dan kelebihan dari model pembelajaran kooperatif tipe TPS agar dapat menjadi bahan masukan dalam alternatif pembelajaran yang diterapkan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keberhasilan pembelajaran. | en_US |