• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Prezi Dengan Menggunakan Model Assure Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia SMA Kelas XI

    Thumbnail
    View/Open
    Shintya Elisva-150210302085 Sdh.pdf (3.378Mb)
    Date
    2019-08-19
    Author
    Elisva, Shintya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran pada kurikulum 2013 erat kaitannya dengan teknologi informasi dan komunikasi. Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran adalah berupa media pembelajaran. Media merupakan pembawa informasi/pesan dari pemberi/pendidik ke penerima/peserta didik. Pada pembelajaran sejarah, media sangat cocok untuk digunakan sebagai alat bantu maupun sumber belajar karena media dapat memproyeksikan peristiwa masa lampau dan dihadirkan di masa kini sebagai bahan belajar. Namun, berdasarkan penelitian pendahuluan di SMAN 3 Jember, SMAN Ambulu dan SMAN Rambipuji, permasalahan yang ditemukan adalah penggunaan media masih sangat minim yakni 25%, karena penggunaan sumber belajar lain selain buku dan LKS hanya memperoleh persentase 16%. Pembelajaran di ketiga sekolah tersebut masih menggunakan bahan ajar konvensional seperti buku dan LKS. Dari permasalahan yang ditemukan, maka muncul kebutuhan akan media pembelajaran sebagai media dan sumber belajar. Media pembelajaran yang dibutuhkan adalah media pembelajaran yang tentunya sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Berdasarkan penelitian pendahuluan, di tiga SMA yang diteliti menunjukkan data peserta didik memiliki motivasi rendah terhadap pembelajaran sejarah sebesar 4,88% dan hasil data gaya belajar sebesar 57,17% visual, 33,37% auditori, dan 14,66% kinestetik. Maka, media yang dibutuhkan adalah media yang bersifat visual-auditori dan juga memotivasi peserta didik selain buku dan LKS atau media yang bersifat konvensional. Dengan demikian, media yang sesuai adalah Prezi. Prezi adalah media berbasis multimedia yang mampu menggabungkan beberapa konten seperti tulisan, gambar, video, chart, diagram dan link dari internet menjadi satu. Sehingga, Prezi otomatis memenuhi kebutuhan dan kriteria peserta didik karena mempunyai sifat visual-auditori. Prezi mampu memvisualisasikan materi dan memotivasi karena tidak bersifat konvensional. Maka rumusan masalah dari penelitian pengembangan ini adalah: (1) bagaimana hasil validasi ahli terhadap media Prezi ?; (2) bagaimana tingkat efektivitas media Prezi pada mata pelajaran sejarah indonesia SMA kelas XI ? Adapun tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah: (1) menghasilkan produk berupa media Prezi yang tervalidasi oleh ahli; (2) mengetahui tingkat efektivitas media Prezi pada mata pelajaran sejarah indonesia SMA kelas XI. Pada penelitian pengembangan ini model pengembangan yang digunakan adalah Model pengembangan ASSURE (Analyze, State, Select, Utilize, Requirez, dan Evaluate). Produk media Prezi yang telah dihasilkan tersebut selanjutnya divalidasi diantaranya oleh: (1) validasi ahli isi bidang studi pada kualifikasi baik dengan persentase 80%; (2) validasi media dan desain pembelajaran pada kualifikasi baik juga, dengan persentase 80%; (3) validasi bahasa dengan kualifikasi sangat baik dengan persentase 86%. Selanjutnya hasil uji efektivitas dari kelompok kecil diperoleh hasil gain score 0,6% dengan kategori sedang. Hasil uji efektivitas dari kelompok besar diperoleh hasil gain score 0,73% dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil validasi ahli, produk media Prezi dengan model pengembangan ASSURE mata pelajaran sejarah indonesia SMA kelas XI yang dikembangkan telah tervalidasi ahli dan memperoleh hasil yang baik. Selain itu berdasarkan hasil uji coba, media Prezi mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran peserta didik pada mata pelajaran sejarah indonesia. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa media Prezi efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran karena terbukti telah tervalidasi ahli dan memperoleh hasil yang baik, serta media Prezi Mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran sejarah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91924
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository