dc.description.abstract | Berdasarkan hasil Praktek Kerja Nyata mengenai Prosedur Administrasi
Kring Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Jember, merupakan
bank yang paling terkemuka dalam menangani kredit perumahan. Kegiatan–
kegiatan yang telah dilaksanakan dalam bentuk tabungan dan pemberian kredit
antara lain:
a. Menerima simpanan masyarakat dalam bentuk tabungan, deposito dan giro
b. Menerima simpanan pajak dan non pajak
c. Memberikan kredit Pemilikan Rumah serta Kredit lainnya, misal kredit
modal kerja, kredit usaha kecil dan menengah.
Selama kegiatan berlangsung, peserta magang ditempatkan di bagian yang
berbeda-beda, yaitu : Loan Administrasi, Loan Servis dan Loan Recovery.
1. Loan administration melakukan proses administrasi yang berkaitan dengan
proses pemahaman kredit sampai dengan realisasi.
2. Loan Service
a. Melakukan wawancara kredit
b. Melakukan akad kredit
c. Memberi informasi produk kredit serta menerima aplikasi kredit
baru
d. Menyelesaikan klaim tunggakan
e. Menangani pelunasan kredit dan alih debitur
f. Memberikan konsultasi penyelamatan kredit
3. Loan Recovery
a. Mengelola resiko dan pinjaman Bank Tabungan Negara
b. Meningkatkan pengembangan dan membangun kualitas asset Bank
Tabungan Negara
c. Memantau pinjaman untuk memungkinkan pengembalian aset secara
penuh
48
48
d. Melakukan pembinaan terutama pada debitur yang menunggak untuk
meningkatkan pengembalian aset secara penuh
e. Melakukan penjualan tunai agunan
f. Melakukan rekonsiliasi dengan unit pembukuan dan control | en_US |