dc.description.abstract | kurikulum 2013 pemerintah telah menyiapkan bahan ajar berupa buku guru dan buku siswa. Materi pada buku siswa masih bersifat umum. Siswa lebih paham dan mendapatkan pembelajaran bermakna jika materi yang digunakan merupakan materi yang ada di sekitarnya. Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut yaitu dengan mengembangkan materi berbasis kearifan lokal Banyuwangi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Materi kearifan lokal Banyuwangi hanya ada pada pembelajaran bahasa Osing sedangkan siswa SDN 4 Kalibaru Manis mayoritas menggunakan bahasa Madura. Oleh karena itu untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran sekaligus mengenalkan kearifan lokal di lingkungan siswa dengan pembelajaran bermakna maka dikembangkan LKPD suplemen sebagai pendamping buku siswa.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses dan hasil pengembangan LKPD Tema Daerah Tempat Tinggalku Berbasis Kearifan Lokal Kelas IV SDN 4 Kalibaru Manis Kabupaten Banyuwangi. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui proses dan hasil pengembangan LKPD Tema Daerah Tempat Tinggalku Berbasis Kearifan Lokal Kelas IV SDN 4 Kalibaru Manis Kabupaten Banyuwangi.
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yaitu 1) Research and Information Collecting, 2) Planning, 3) Develop Preliminary Form a Product, 4) Preliminary Field Testing, 5) Main Product Revision, 6) Main Field Testing, 7) Operational Product Revision, 8) Operasional Field Testing, 9) Final Produk Revision dan 10) Dissemination and Implementation. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner dan observasi. Instrumen penelitian adalah validasi yang dilakukan oleh 3 validator. | en_US |