• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Customer Loyalty Melalui Customer Trust Pada Toko Buku Gramedia Jember

    Thumbnail
    View/Open
    MOHAMMAD IDRIS_1.pdf (4.520Mb)
    Date
    2019-08-07
    Author
    IDRIS, Mohammad
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dunia bisnis yang semakit ketat saat ini, menuntut para pelaku usaha untuk merencanakan kegiatan pemasaran yang dapat mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Setiap perusahaan memiliki strategi yang berbeda- beda dengan tujuan untuk memenangkan kompetisi bisnis. Manajer pemasaran terus berusaha keras untuk mengucurkan sumber daya sebanyak mungkin guna mengubah mimpi menjadi program kerja. Program kerja tersebut akan dirancang untuk memuaskan pelanggan yang sudah ada dan membangun hubungan yang stabil jangka panjang dengan pelanggan. Menciptakan hubungan yang kuat dengan pelanggan dengan tujuan meningkatkan loyalitas pelanggan merupakan prioritas utama bagi kebanyakan perusahaan. Peningkatan loyalitas pelanggan menjadi prioritas utama bagi perusahaan karena akan berdampak pada keuntungan perusahaan. Perusahaan yang melakukan hubungan kuat dan harmonis dengan pelanggan akan menciptakan loyalitas pelanggan. Perusahaan yang mengimplementasi hubungan baik jangka panjang dengan pelanggan atau customer relationship marketing juga akan dapat menumbuhkan customer trust atau kepercayaan pelanggan. Terciptanya customer trust mengakibatkan munculnya loyalitas pelanggan atau customer loyalty. tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh customer relationship marketing terhadap customer loyalty melalui customer trust pada Toko buku Gramedia Jember. Objek pada penelitian ini adalah TB Gramedia Jember, dengan populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan membership TB Gramedia Jember, sedangkan sampel penelitian ini adalah pelanggan membership yang datang dan berada di lantai II toko buku Gramedia pada pukul 10.00 - 11.30, 13.00 – 14.30, 15.30 – 17.00, dan 19.00 – 20.30 WIB. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 120 responden, yang diperoleh dari seluruh indikator dikalikan dengan 8. Dalam penelitian ini jumlah indikator seluruhnya adalah 15. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur, untuk mengetahui pengaruh secara langsung dan tidak langsung masing – masing variabel. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang pengaruh customer relationship terhadap customer loyalty melalui customer trust pada toko buku Gramedia Jember, maka dapat disimpulkan bahwa variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel customer trust dan customer loyalty. variabel customer trust juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel customer loyalty pada TB Gramedia Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91458
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12394]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Bengkel Honda Ahass Rey Raf Motor Jember (The Influence Of Relationship Marketing On Customer Loyalty In The Garage Honda Motorcycle Ahass Rey Raf Jember) 

      AKBAR RAHMANA, RIZAL (UNEJ PRESS, 2016)
      Penelitian ini adalah bertujuan : 1) Untuk mengetahui dan menganalisis apakah customer retention berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada Bengkel Honda AHASS Rey Raf Motor Jember; 2) Untuk mengetahui dan menganalisis ...
    • PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY MELALUI CUSTOMER TRUST PADA TOKO BUKU GRAMEDIA JEMBER 

      IDRIS, MOHAMMAD
      Dunia bisnis yang semakit ketat saat ini, menuntut para pelaku usaha untuk merencanakan kegiatan pemasaran yang dapat mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Setiap perusahaan memiliki strategi yang berbeda- beda dengan ...
    • Relationship Marketing: Satisfaction and Loyalty on Expedition Customers in Indonesia 

      Yulisetiarini, Diah; Susanto, Arnis Budi (2019-03-13)
      This research aims to analyze the effect of relationship marketing on customers’ satisfaction and their loyalty as their satisfaction. Literature on relationship marketing in developing country has a unique characteristic. ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository