• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Books
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Books
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kinerja Pendidikan Kabupaten Jember Tahun 2018

    Thumbnail
    View/Open
    F. KIP_Buku_Sumarjono_Kinerja Pendidikan.pdf (746.5Kb)
    Date
    2019-07-09
    Author
    Sumarjono, Sumarjono
    Swastika, Kayan
    Winiari, Yuli
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Apa yang menarik dari buku berjudul Kinerja Pendidikan Kabupaten Jember Tahun 2018 ini? Selain tim peneliti mampu me nyam paikan data secara riil dengan kajian analisis yang mendalam dan jujur, juga keruntutan pola pikir yang dinarasikan sehingga menempatkan teori kebijakan pendidikan bertali temali dengan praktik kebijakan yang dilaksanakan. Sudut pandang kebijakan pen didikan yang diacu untuk menganalisis kinerja bidang pen didikan bukan persoalan mudah. Namun dalam buku ini, tim peneliti/ penulis begitu gamblang men jelas kannya. Akan tetapi, karena variabel lain yang sebetulnya sangat subs tantif, yakni peran anggaran pendidikan dan karakteristik pene rima manfaat yang heterogen kurang mendapatkan porsi besar analisis, maka ada kesan hasil riset ini kurang mendalam. Misal nya saja bagaimana menjawab pertanyaan mengapa Program Pen didikan Gratis kurang berhasil menarik minat para praktisi pen didikan seperti guru dan kepala sekolah dibanding dengan di mata para siswa dan orangtuanya? Hal itu kurang digali dalam buku ini. Namun demikian, alih­alih tim peneliti tidak menyimpang dari tujuan utamanya, maka buku ini sebetulnya sudah gamblang me­ narasikan kinerja para praktisi pendidikan pada umunya, dan Kabu paten Jember pada khususnya. Hasil­hasil analisis deskriptif menjadi mudah dipahami karena berada dalam konteks fokus kajian. Secara substansial buku ini layak dikaji oleh para akademisi bidang pendidikan, para pemangku kepentingan dan para praktisi maupun pelaksana kebijakan pendidikan di level mana pun. Sebab kajian seperti ini selain menjadikan birokrasi semakin terbuka, juga partisipasi masyarakat perlu mendapat perhatian terus menerus sebagai kanal kepuasan kerja birokrasi dan bagian dari bukti transparansi publik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91338
    Collections
    • LSP-Books [922]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository