• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Jenis Pelumas Pada Bantalan Tipe Single Row Deep Groove Ball Bearing Terhadap Rolling Resistance

    Thumbnail
    View/Open
    Zhahra Hanif Sholiha-171910101113.pdf (3.429Mb)
    Date
    2019-06-14
    Author
    SHOLIHA, Zhahra Hanif
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Mobil listrik merupakan transportasi ramah lingkungan yang mulai dikembangkan di Indonesia karena tidak menghasilkan emisi gas buang. Mobil listrik di desain dengan mempertimbangkan kinerja kendaraan seperti berat kendaraan, hambatan aerodinamis dan hambatan gelinding (rolling resistance). Rolling resistance adalah tahanan akibat adanya gaya gesekan yang terjadi antara sebuah elemen terhadap suatu permukaan. Angka rolling resistance dipengaruhi oleh kompenen kendaraan yang berputar yaitu bantalan dan juga pelumas bantalan. Bantalan (bearing) adalah elemen mesin yang berfungsi untuk menumpu poros dalam kondisi berputar dan menahan beban pada saat bergerak. Pelumasan pada bantalan bertujuan untuk mengurangi gaya gesek yang terjadi pada komponen yang bersinggungan. Permasalahan mobil listrik yang berkaitan dengan pelumasan pada bearing terhadap nilai rolling resistance masih sangat sedikit. Penelitian ini mengkaji pengaruh pelumasan pada kinerja mobil listrik. Produk pelumas yang digunakan adalah tipe pelumas ISO VG 15, SAE 40W-10 dan NLGI 3. Berdasarkan hasil penelitian, viskositas suatu pelumas dapat mempengaruhi nilai coefficient rolling resistance (Cr). Semakin tinggi nilai viskositas suatu pelumas maka nilai Cr yang dihasilkan akan semakin meningkat. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, meningkatnya nilai Cr berbanding lurus dengan peningkatan gaya rolling resistance (Fr). Nilai Fr tertinggi terjadi pada pelumas tipe NLGI 3 atau pelumas tipe grease penetrasi 220 – 250 terhadap single row deep grove ball bearing 6000 2RS dengan nilai 1.17 N. Nilai Fr terendah terjadi pada kombinasi pengujian pelumas tipe ISO VG 15 nilai viskositas ± 15 cSt pada 40OC terhadap single row deep grove ball bearing 6000 2RS dengan nilai 0.419 N.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91278
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4203]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository