• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perencanaan dan Estimasi Biaya Pengembangan Runway, Apron, dan Taxiway Bandar Udara Notohadinegoro Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Yecky Nuranditasari-171910301173.pdf (3.384Mb)
    Date
    2019-06-08
    Author
    Nuranditasari, Yecky
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengembangan bandar udara bertujuan untuk menunjang permintaan dari kenaikan jumlah penumpang agar bandar udara tetap dapat melayani permintaan masyarakat dengan optimal. Terbukti dari data jumlah penumpang pada Juli 2014 hingga Maret 2018 menunjukkan bahwa jumlah penumpang Bandar Udara Notohadinegoro mengalami peningkatan sebesar 246%, oleh karena itu perlu dilakukan perencanaan pengembangan untuk fasilitas bandara terutama pada pengembangan runway, apron, dan taxiway. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana merencanakan pengembangan bandar udara dan menghitung estimasi anggaran biaya yang dibutuhkan dalam pengembangan bandar udara tersebut. Perencanaan dihitung dengan menggunakan peraturan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara KP 39 Tahun 2015 tentang Manual of Standart Aerodrome 139 dan perencanaan perkerasan menggunakan metode CBR, FAA, dan LCN. Beberapa data seperti data jumlah penumpang, data pertumbuhan perekonomian masyarakat, data spesifikasi kondisi eksisting bandara, dan data analisa harga satuan Kabupaten Jember diolah sesuai ketentuan metode perencanaan untuk memperoleh desain pengembangan bandara, desain stuktur pekerasan, dan estimasi rencana anggaran biaya. Bedasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa Bandar Udara Notohadinegoro pada tahun 2024 perlu dilakukan pengembangan karena jumlah kursi pelayanan pesawat sudah tidak cukup untuk melayani permintaan masyarakat. Dengan menggunakan pesawat Boeing 737-900ER maka kebutuhan runway terkoreksi adalah sebesar 2683,02 m x 45 m dan kebutuhan apron sebesar 125,37 m x 71,1. Sedangkan untuk taxiway tidak perlu dilakukan pengembangan karena kondisi eksisting masih dapat melayani pesawat jenis Boeing 737-900ER. Hasil perbandingan tebal perkerasan struktural total yang dihasilkan dari metode CBR adalah 111 cm, metode FAA adalah 71,1 cm, dan metode LCN adalah sebesar 60,96 sehingga digunakan tebal perkerasan dari metode LCN sebagai tebal minimum. Maka hasil perhitungan perencanaan anggaran biaya yang dibutuhkan dalam membangun pengembangan Bandar Udara Notohadinegoro dengan biaya terendah dari metode LCN adalah sebesar Rp 82.321.731.14
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91176
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository