Show simple item record

dc.contributor.advisorWIDODO, Joko
dc.contributor.advisorWAHYUNI, Sri
dc.contributor.authorFIRDAUS R, Devita
dc.date.accessioned2019-05-29T04:04:11Z
dc.date.available2019-05-29T04:04:11Z
dc.date.issued2019-05-29
dc.identifier.nimNIM140210301020
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91015
dc.description.abstractSalah satu usaha kecil di sektor jasa adalah Bisnis Laundry. Pertumbuhan bisnis laundry di Indonesia saat ini menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan. Tidak hanya di kota-kota besar saja, di pelosok daerah pun kini bisnis laundry tersebut mulai menjamur dengan berbagai tawaran fasilitas dan pelayanan. CV. Master Clean yang bertempat di (Jalan Kalimantan No 76B) menggunakan beberapa strategi dalam pemasaran jasa usahanya. Dalam aspek manajemen dan sumber daya manusia memiliki recana persiapan seperti toko dan publikasi, pemilihan SDM dan pengelola laundry serta evaluasi kinerja pelayanan. Selain itu persaingan antar jasa laundry juga kuat, dan setiap usaha jasa laundry kini berlomba-lomba untuk meningkatkan pendapatan dari pelayanan jasa yang dimiliki. Oleh karena itu penentuan strategi perusahaan dalam pemasaran akan mempengaruhi berhasil tidaknya tujuan akhir dari perusahaan. Jika dalam penentuan strategi pemasarannya kurang tepat dapat berakibat kurang maksimalnya pendapatan yang diperoleh atau bahkan dapat mengalami kerugian, namun jika strategi yang digunakan tepat maka perusahaan akan memperoleh keuntungan yang maksimal. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi bauran pemasaran yang dilakukan pada usaha laundry CV. Master Clean di Jember Jalan Kalimantan No 76B. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive area yang dilaksanakan di CV. Master Clean Jalan Kalimantan No. 76B Jember. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa CV. Master Clean Jalan Kalimantan No. 76B Jember menerapkan strategi bauran pemasaran. Adapun strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh CV. Master Clean Jalan Kalimantan No.76B Jember adalah strategi produk, strategi tempat, strategi harga, strategi promosi, strategi Sumber Daya Manusia, strategi proses, strategi sarana fisik. Strategi produk dalam CV. Master Clean yaitu menjual produknya berupa jasa yang sudah termasuk satu paket yaitu cuci kering setrika beserta pewanginya. Strategi tempat yaitu pemilihan tempat usaha yang berada di lokasi yang strategis, aman, dan nyaman bagi konsumen, strategi harga merupakan penetapan harga dengan mempertimbangkan pelayanan jasa yang diterapkan CV. Master Clean, strategi promosi dilakukan dengan melalui internet, brosur, banner dan juga pamflet yang bertujuan menarik keminatan konsumen untuk membeli jasanya, strategi sumber daya manusia yang diterapkan CV. Master Clean kepada para karyawan – karyawannya agar dapat melayani dan bertanggung jawab penuh atas tugas yang diterimanya, strategi proses yang berhubungan dengan aktifitas – aktifitas kegiatan perusahaan untuk melayani konsumen dengan efektif, strategi sarana fisik sangat penting untuk membuat konsumen merasa nyaman dan puas karena tempat tersebut memiliki suasana yang kondusif.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210301020;
dc.subjectStrategi Bauran Pemasaranen_US
dc.subjectusaha kecilen_US
dc.subjectsektor jasaen_US
dc.subjectBisnis Laundryen_US
dc.titleStrategi Bauran Pemasaran Pada Usaha Laundry CV. Master Clean Di Jember (Studi Kasus Jalan Kalimantan No. 76 B Jember)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record