dc.description.abstract | Jumlah penduduk yang besar merupakan peluang bagi bisnis properti,
sebab setiap orang atau keluarga memerlukan tempat tinggal. Tumbuh pesatnya
bisnis real estate secara nasional diikuti pula dengan pertumbuhan yang tinggi di
Kabupaten Jember, hal ini bisa dilihat banyaknya jumlah pengembang anggauta
Real Estate Indonesia (REI) Kabupaten Jember yang memiliki nomor pokok
anggauta REI mencapai 31 pengembang.
Tipe perumahan yang sedang berkembang dan digemari di Indonesia
adalah perumahan tipe klaster. Banyaknya pengembang menimbulkan persaingan
dalam bisnis perumahan ini sehingga kegiatan pemasaran yang tepat sangat
diperlukan. Pada penelitian ini kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh preferensi
pelanggan dan penjualan adaptif, diharapkan dampak dari kepuasan pelanggan ini
akan berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan perumahan klaster terhadap
pengembang.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan hipotesis dan bersifat
memberi penjelasan terhadap obyek yang diteliti (explanatory research), dengan
demikian penelitian ini menyajikan penjelasan mengenai pengaruh antar variabel
yang diteliti melalui pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah
pelanggan perumahan klaster yang telah membeli rumah klaster pada pengembang
yang tergabung dalam organisasi Real Estate Indonesia (REI) cabang Jember
dengan harga antara Rp 200 Juta sampai Rp 500 Juta. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional random sampling,
dengan jumlah 94 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner,
untuk mengukur jawaban responden menggunakan skala diferensial semantik.
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskripsi
dan statistika inferensial yaitu Generalized Structured Component Analysis
(GeSCA).
Berdasarkan dasar teoritis dan dan dasar empiris yang telah ada, hasil
penelitian ini menunjukkan peran mediasi kepuasan pelanggan dalam pengaruh
preferensi pelanggan terhadap kepercayaan pelanggan pada pengembang rumah
klaster di Kabupaten Jember lebih penting, sebab dari hasil analisis menunjukkan
preferensi pelanggan berpengaruh tidak signifikan terhadap kepercayaan
pelanggan. Peran mediasi kepuasan pelanggan dalam pengaruh penjualan adaptif
terhadap kepercayaan pelanggan pada pengembang rumah klaster di Kabupaten
Jember menunjukkan bahwa peran mediasi kepuasan pelanggan terhadap
kepercayaan pelanggan pada pengembang lebih penting dibandingkan pengaruh
penjualan adaptif terhadap kepercayaan pelanggan pada pengembang secara
langsung. Hal ini menunjukkan peran penting personal selling menjadi alat
promosi yang efektif.
Kepuasan pelanggan memiliki peran penting dalam memediasi pengaruh
preferensi pelanggan dan penjualan adaptif terhadap kepercayaan pelanggan, hal
ini membuktikan bahwa kepercayaan pelanggan terhadap pengambang rumah
klaster dapat ditingkatkan bila kepuasan pelanggan meningkat. Penjualan adaptif
dapat menjadi alat promosi yang efektif: pertama komunikasi antar personal akan
meningkatkan keterlibatan pelanggan dalam proses pengambil keputusan; kedua
komunikasi yang interaktif memungkinkan penjual untuk beradaptasi dalam
proses komunikasi dengan pelanggan. | en_US |