Show simple item record

dc.contributor.advisorDafik
dc.contributor.advisorMuhtadi Irvan
dc.contributor.authorSUCIANTO, Bayu
dc.date.accessioned2019-05-16T05:18:50Z
dc.date.available2019-05-16T05:18:50Z
dc.date.issued2019-05-16
dc.identifier.nim160220101040
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90900
dc.description.abstractPendidikan adalah sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran sedemikian rupa sehingga peserta didik dapat mengembangkan potensi dirinya secara aktif, dan supaya memiliki pengendalian diri, kecerdasan, keterampilan dalam bermasyarakat, kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian serta akhlak mulia. Pendidikan tidak lepas dari pendidik dan peserta didik. Salah satu pembelajaran yang dapat dilakukan adalah pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Pembelajaran yang berpusat pada peserta didik berbeda dengan cara tradisional yaitu pembelajaran yang berpusat pada pendidik, dalam arti bahwa keduanya mempunyai pendekatan berbeda dalam isi, instruksi, lingkungan kelas, penilaian, dan teknologi. Penelitian ini membahas tentang pengembangan perangkat dengan menggunakan metode Research Based Learning untuk menganalisis keterampilan metakognisi mahasiswa pada materi rainbow connection, sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran yang dikembangkan ini. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan menggunakan model 4-D yang sudah dimodifikasi yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Pada konsep rainbow connection ini, mahasiswa diharapkan mampu membuat grap baru, menentukan pewarnaan sisinya sesuai dengan aturan pada rainbow connection, menentukan kardinalitas dan menentukan fungsi pewarnaan sisinya. Berdasarkan hasil validasi, perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori valid ditunjukkan dengan koefisien validitas Silabus 3,73 Rencana Pembelajaran Semester (RPS) 3,8, Rancangan Tugas Mahasiswa (RTM) 3,78, Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) sebesar 3,70 dan Tes Aktivitas Riset (TAR) sebesar 3,78 dengan demikian perangkat pembelajaran dikatakan valid. Sedangkan hasil uji coba lapangan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan memenuhi kriteria praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori praktis berdasarkan penilaian pengamatan aktivitas dosen, pada pertemuan pertama 90% dengan kategori baik, pada pertemuan kedua sebesar 85% dengan kategori baik, dan pada pertemuan ketiga sebesar 90% dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran dapat dikatakan praktis karena persentase aktivitas dosen mencapai ≥ 80%. Dari hasil analisis respon mahasiswa yang memberi respon positif mencapai 84%. Artinya secara umum mahasiswa telah menunjukkan respon baik terhadap proses pembelajaran dan penggunaan perangkat. Hasil validasi dan uji coba lapangan, perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan memenuhi kriteria kualitas pengembangan yaitu valid, praktis, dan efektif sehingga perangkat pembelajaran ini dapat dikatakan baik. Sehingga dosen pengampu matakuliah pemodelan atau grap dapat menggunakan perangkat pembelajaran ini. Hasil t-test juga didapatkan bahwa pembelajaran menggunakan research based learning lebih unggul dari pada pembelajaran biasa (konvensional).en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectRainbow Connectionen_US
dc.subjectResearch Based Learningen_US
dc.subjectMetakognisien_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran pokok kajian Rainbow Connection berbasis Research Based Learning dan Pengaruhnya terhadap Keterampilan Metakognisi Mahasiswaen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record