• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Induksi Matematika

    Thumbnail
    View/Open
    R. Aj. Rafika Cahya-140210101077.pdf (3.818Mb)
    Date
    2019-05-07
    Author
    CAHYA, R. Aj. Rafika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) selalu menyajikan masalah dalam kehidupan nyata atau sebenarnya, model pembelajaran ini membawa siswa. Dalam penelitian ini, siswa diikutsertakan langsung dalam mengorientasikan materi dengan kehidupan sehari-hari dengan cara menyelesaikan yang disediakan dalam LKS, sehingga siswa bisa dengan mudah menemukan dan memahami konsep. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kreativitas dan hasil belajar induksi matematika. Pengambilan data dilakukan di SMKN 2 Jember pada tanggal 29 Oktober dan 5-6 November 2018. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TR dan XI AV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kreativitas dan hasil belajar. Uji T kreativitas menunjukkan thitung = 39,76 dan uji T hasil belajar menunjukkan thitung = 34,273. Saran yang dapat ditujukan kepada guru matematika adalah diharapkan seorang guru dapat memilih model pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi pelajaran. Sedangkan kepada peniliti lanjut adalah dapat melakukan pengujian ulang pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kreativitas dan hasil belajar matematika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90822
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15324]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository