dc.description.abstract | Pada keterampilan menulis, siswa diajarkan menulis karangan. Karangan
adalah suatu karya berupa tulisan untuk mengungkapkan ide dan gagasannya. Salah
satu karangan yang diajarkan di seskolah adalah karangan deskripsi. Karangan
deskripsi selau ada dalam karangan yang lain, sehingga kemampuan menulis teks
deskripsi merupakan dasar yang harus dimiliki oleh orang apabila ingin terampil
menulis. Pada keterampilan menulis karangan deskripsi, tidak menutup
kemungkinan adanya kesalahan berbahasa yanng dilakukan oleh siswa Thailand
khususnya kesalahan kalimat. Bentuk-nentuk kesalahan kalimat yang dibuat oleh
siswa Thailand harus dikurangi sampai ke batas sekecil-kecilnya jika mungkin
dihilangkan sama sekali.
Dalam penulisan karangan deskripsi yang dibuat oleh siswa Thailand di
SMP Nurul Islam Jember masih banyak ditemukan berbagai bentuk kesalahan
kalimat. Berdasarkan hal ini, tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan (1) Bentuk-bentuk kesalahan kalimat, (2) faktor yang penyebab
terjadinya kesalahan kalimat dalam karangan deskripsi siswa Thailand di SMP
Nurul Islam Jember.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, sedangkan rancangan
penelitian adalah kualitatif. Data penelitian berupakan kalimat-kalimat yang
menunjukan adanya bentuk kesalahan kalimat dalam karangan deskripsi siswa
Thailand di SMP Nurul Islam Jember. Sumber data penelitian ini adalah karangan
deskripsi siswa Thailand di SMP Nurul Islam Jember. Teknik pengumpulan data
berupa penugasan, observasi dan wawancara. Teknik analisis data terdiri atas tiga
hal, yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Instrumen
penelitian berupa tabel pengumpul data dan tabel analisis data. Prosedur penelitian
terdiri atas tiga tahap, yakni (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap
penyelesaian.
Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa masih banyak
kesalahan kalimat dalam karangan deskripsi siswa Thailand di SMP Nurul Islam
Jember. Kesalahan kalimat pada karangan deskripsi siswa Thailand di SMP Nurul
Islam Jember terjadi karena adanya (1) kalimat tidak ligis, (2) kalimat tidak cermat,
(3) kalimat tidak padu, (4) kalimat rancu(kontaminasi kata), (5) kalimat tidak
sejajar, (6) kalimat interferensi, (7) kalimat tidak hemat, (8) kalimat tidak
gramatikal, (9) kalimat taksa (ambigu).
Faktor penyebab kesalahan kalimat pada karangan deskripsi siswa Thailand
di SMP Nurul Islam Jember terbagi atas dua faktor yaitu faktor internal dan
ekternal. Faktor internal yang dimaksud meliputi kurangnya penguasaan kaidah
kebahasaan dan kurangnya kesadaran siswa. Faktor ekternal berkaitan dengan
penyebab penggunaan bahasa yang berasal dari lingkungan penggunaan bahasa.
Salah satu faktor ekternal yang menyebabkan kesalahan kalimat pada karangan
deskripsi yaitu adanya pengaruh bahasa yang lebih dikuasai yaitu bahasa ibu atau
bahasa sehari-hari.
Berdasarkan uraian di atas, dapat diberikan saran kepada guru hendaknya
lebih memperhatikan kesalahan siswa khususnya siswa Thailand dalam penulis
dengan cara mengoreksi buku tulis siswa agar tidak terjadi kesalahan yang
berulang-ulang dan memberikan materi yang menarik mengenai penulisan
karangan yang baik dan benar agar siswa tidak bosan dalam mengikuti pelajaran.
Bagi peneliti lain, hendaknya hasil ini dapat dijadikan bahan pertimbangan serta
masukan untuk mengadakan penelitian lanjutan dalam ruang lingkup yang lebih
luas tidak hanya kesalahan berbahasa tataran kalimat. | en_US |