Show simple item record

dc.contributor.authorAdnan, Fahrobby
dc.contributor.authorMuttaqin, Muhammad Huda
dc.contributor.authorDharmawan, Tio
dc.date.accessioned2019-05-06T01:51:47Z
dc.date.available2019-05-06T01:51:47Z
dc.date.issued2019-05-06
dc.identifier.issn2503-250X
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90772
dc.descriptionInformatics Journal, Vol. 3 No. 3 (2018)en_US
dc.description.abstractAspek usability atau daya guna mengacu pada sudut pandang pengguna saat menggunakan dan memanfaatkan suatu produk. Penggunaan metode yang kurang tepat pada pengembangan desain suatu aplikasi akan berdampak pada besarnya jumlah permintaan untuk memodifikasi produk setelah produk selesai dikerjakan. Masalah pemilihan metode yang kurang tepat pada pengembangan desain biasanya terjadi pada aplikasi berbasis Graphical User Interface (GUI), E-commerce websites, mobile services, dan juga teknologi dalam bidang pendidikan yaitu e-learning. E-learning merupakan salah satu teknologi yang berkembang pesat sebagai sistem pembelajaran jarak jauh yang memberikan ragam solusi di mana Internet sebagai medianya. Didukung dengan memanfaatkan kehadiran perkembangan teknologi bernama smartphone juga dapat dimanfaatkan untuk mempermudah proses pembelajaran. Dengan adanya smartphone, pelajar akan lebih mudah mengakses materi pembelajaran, dan pengajar juga lebih mudah dalam membagikan materi yang akan diajarkan. Untuk mendukung usaha memperoleh tingkat kepuasan pengguna tanpa meninggalkan tujuan khusus dari pembuatan aplikasi itu sendiri dapat diterapkan sebuah metode user centered design (UCD). UCD merupakan metode yang mengacu pendekatan kepada keinginan user. Dengan penerapan metode ini user akan merasa puas dan nyaman saat berinteraksi dengan sistem. Berdasarkan pada konsep dari metode UCD dan permasalahan yang terjadi pada e-learning khususnya aplikasi E-Learning Universitas Jember maka dapat dilihat bahwa metode UCD cocok untuk diterapkan dalam pengembangan aplikasi e-learning Universitas Jember berbasis mobile (M-Learning) dengan tujuan untuk lebih memudahkan mahasiswa dan dosen dalam proses pembelajaran di Universitas Jember. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu tahap pengumpulan data, tahap analisis, dan tahap pengembangan sistem. Tahap pengumpulan data yang terdiri dari studi literatur, dan kuesioner. Tahap analisis dilakukan dengan mengolah data hasil kuesioner dan melakukan usability testing. Tahap pengembangan dilakukan dengan membangun aplikasi e-learning berbasis mobile. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi M-Learning Universitas jember.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectUser Centered Design (UCD)en_US
dc.subjectUsabilityen_US
dc.subjectE-learningen_US
dc.titlePenerapan Metode User Centered Design Untuk Mengembangkan E-Learning Universitas Jember Berbasis Mobileen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record