Show simple item record

dc.contributor.authorYeni Emilia
dc.date.accessioned2013-09-05T02:47:30Z
dc.date.available2013-09-05T02:47:30Z
dc.date.issued2013-09-05
dc.identifier.nimNIM070210191147
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/906
dc.description.abstractPada umumnya pembelajaran matematika di sekolah masih berpusat pada guru dan siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi matematika di SMP Negeri 3 Panji diperoleh informasi bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran matematika. Hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Sebagian besar siswa di SMP Negeri 3 Panji nilai matematikanya masih dibawah Standar Kelulusan Minimal (SKM) yaitu nilai 70. Dari kenyataan tersebut, perlu adanya suatu perubahan metode pembelajaran dari pembelajaran berpusat pada guru ke pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) penerapan pendekatan keterampilan proses melalui metode penemuan terbimbing pada materi keliling dan luas lingkaran, (2) aktivitas belajar siswa selama penerapan pendekatan keterampilan proses melalui metode penemuan terbimbing pada materi keliling dan luas lingkaran, dan (3) ketuntasan hasil belajar siswa dengan penerapan pendekatan keterampilan proses melalui metode penemuan terbimbing pada materi keliling dan luas lingkaran. Hasil penelitian diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai acuan dalam pengelolaan pembelajaran yang lebih berkualitas untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pengambilan data ini dilakukan di SMP Negeri 3 Panji pada tanggal 19 Januari 2012 – 4 Februari 2012. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Panji tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini digunakan model skema penelitian tindakan kelas yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart dan dilaksanakan sebanyak dua siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dalam satu siklus yang kemudian diikuti siklus berikutnya. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui metode penemuan terbimbing berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan aktivitas siswa serta ketuntasan hasil belajar siswa khususnya pada materi keliling dan luas lingkaran. Persentase rata-rata aktivitas individu siswa pada siklus I sebesar 68.14% meningkat 76.51% pada siklus II. Dan persentase rata-rata aktivitas kelompok siswa pada siklus I sebesar 71.61% dan pada siklus II meningkat 78.56%. Persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal dari siklus I sebesar 42,30% menjadi 92,30% pada siklus II. Kendala-kendala yang dihadapi diantaranya pengalokasian waktu pada tahap tertentu yang mengakibatkan tahap yang lain waktunya menjadi berkurang. Untuk mengatasi hal tersebut, guru memperbaiki manajemen waktu tiap-tiap kegiatan yang disesuaikan dengan RPP yang telah disusun. Siswa merasa malu dan takut salah untuk mengajukan hipotesis, karena baru pertama kali mengenal guru. Untuk mengatasi hal tersebut, guru memberikan kesempatan dengan cara meminta atau menunjuk siswa untuk mengajukan hipotesisnya. Siswa belum bisa memanfaatkan kesempatan belajar kelompok untuk berdiskusi. Hanya beberapa siswa yang terlihat aktif, yang lain hanya menunggu teman mengerjakan Lembar Kerja Siswa dan ada yang mengganggu siswa lain. Kendala tersebut dapat diatasi dengan cara guru memberikan motivasi agar siswa lebih aktif dalam pembelajaranen_US
dc.relation.ispartofseries070210191147;
dc.subjectPENDEKATAN KETERAMPILANen_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS LINGKARAN DI SMP NEGERI 3 PANJI KELAS VIII A SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record