• Login
    View Item 
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Travel Agent
    • View Item
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Travel Agent
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pelayanan Tour Guide Dalam Meningkatkan Kepuasan Wisatawan Di Treasure Bay Bintan

    Thumbnail
    View/Open
    Mochamad Ubaidillah-150903102006_.pdf (1.426Mb)
    Date
    2019-04-25
    Author
    UBAIDILLAH, Mochamad
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Industri pariwisata di bidang jasa seperti PT. Bintan Hotel Utama atau Treasure Bay Bintan merupakan industri pariwisata yang memiliki kelebihan – kelebihan khusus yang tidak mungkin didapatkan dari produk industri lain. Treasure Bay Bintan saat ini menjadi kawasan recreation terbesar di Indonesia maupun kawasan Asia Tenggara dan satu-satunya di Kawasan Pariwisata Lagoi Bintan Kepuluan Riau. Dengan adanya tempat recreation terbesar tersebut akan dapat menambah pelayanan di bidang transportasi, akomodasi, fasilitas, tempat wisata dan hiburan. Setiap recreation yang dijual dan ditawarkan kepada wisatawan, pihak Treasure Bay Bintan selalu memberikan pelayanan jasa dengan melibatkan seorang tour guide di dalam aktivitas wisatawan untuk menjaga fasilitas perusahaan dari kerusakan, menjaga keamanan wisatawan, memberikan informasi tentang Treasure Bay Bintan, bertanggung jawab dalam memberikan kesan terbaik perusahaan kepada semua wisatawan sebagai salah satu upaya meningkatkan kepuasan wisatawan. Pelayanan yang diberikan oleh tour guide pada Treasure Bay Bintan, diberikan sejak tamu tersebut datang hingga kembali. Guide di Treasure Bay Bintan harus memiliki personality yang baik dan wawasan luas agar dapat memberikan pelayanan maksimal kepada wisatawan. Tugas tour guide di Treasure Bay Bintan telah diatur dalam standard operational procedure seperti menyambut wisatawan, penjemputan wisatawan, bertanggung jawab pada fasilitas permainan atau activity seperti electric scooter, mini atv, e-train, segway dan airsoft gun. Dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan terdapat beberapa unsur yang perlu tour guide ketahui seperti kualitas pelayanan tour guide, kepuasan pelanggan, kepribadian tour guide dan standar operasional prosedur di Treasure Bay Bintan. Tour guide di Treasure Bay Bintan sudah melakukan role play yang seharusnya diterapkan kepada wisatawan, hal tersebut membuktikan bahwa tugas seorang tour guide berhasil dalam meningkatkan kepuasan wisatawan. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya guest comment wisatawan yang ada di TripAdvisor. Tour guide di Treasure Bay mampu bekerja secara profesional dan maksimal dalam memberikan pelayanan kepada tamu, sehingga dapat memberikan keuntungan serta pengalaman yang berkesan bagi wisatawan dan perusahaan Treasure Bay Bintan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90637
    Collections
    • DP-Travel Agent [261]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository