Show simple item record

dc.contributor.advisorSATRIOJONO, Hari
dc.contributor.advisorMARDIATI, Yayuk
dc.contributor.authorUMAMI, Fatrikah Choirul
dc.date.accessioned2019-04-16T09:10:52Z
dc.date.available2019-04-16T09:10:52Z
dc.date.issued2019-04-16
dc.identifier.nim150210204020
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90531
dc.description.abstractSekolah Dasar (SD) merupakan jenjang penanaman pendidikan yang berkarakter sehingga lahir manusia yang berkarakter. Karakter siswa SD terbentuk jika siswa SD dapat memahami nilai-nilai karakter yang ada di lingkungan sekolah. Sesuai dengan tahap berpikir siswa SD yang masih suka bermain, guru dapat memberikan nilai-nilai karakter melalui kegiatan bernyanyi. Salah satu contoh yaitu nilai-nilai karakter yang terdapat dalam lagu anak karya Pak Kasur, sehingga nilai-nilai karakter tersebut dapat dibelajarkan pada siswa. Berdasarkan pernyataan tersebut permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah nilai-nilai karakter yang terkandung dalam wacana lagu anak karya Pak Kasur dan pemanfaatannya sebagai bahan ajar di sekolah dasar. Sesuai dengan permasalahan penelitian, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam wacana lagu anak karya Pak kKasur dan pemanfaatannya sebagai bahan ajar di sekolah dasar. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu rancangan penelitian kualitatif (analisis isi). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yang mendeskripsikan mengenai nilai-nilai karakter yang terkandung dalam wacana lagu anak karya Pak Kasur dan pemanfaatannya sebagai bahan ajar di Sekolah Dasar (SD). Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kata-kata dan kalimat yang terdapat dalam lirik lagu anak karya Pak Kasur yang menunjukkan adanya nilai-nilai karakter. Sumber data dalam penelitian ini berupa teks wacana lagu anak karya Pak Kasur yang berjudul Bangun Tidur, Sayang Semua, Topi Saya Bundar, Satu Dua Tiga Empat, Aku Pandai Menggambar, Aku Pandai Menulis, Jika Ku Sekolah Nanti, Ke Pekan, Kebunku, Keranjang Sampah, Selamat Pagi, dan Bermain Layangan serta berasal dari kurikulum 2013 yang digunakan pada Sekolah Dasar (SD) Khususnya kelas rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang sesuai dengan pendapat Moleong (2010:247), yang terdiri dari empat tahap yaitu, tahap mreduksi data, pengkodean, pendeskripsian, dan penafsiran atau interpretasi. Hasil penelitian ini berupa nilai-nilai karakter yang terkandung dalam wacana lagu anak karya Pak kasur, antara lain: 1) Nilai-nilai karakter hubungan manusia dengan dirinya sendiri, 3) Nilai-nilai karakter hubungan manusia dengan sesama, 4) Nilai-nilai karakter hubungan manusia dengan lingkungan. Lagu anak karya Pak Kasur dimanfaatkan sebagai bahan ajar di sekolah dasar yang terdapat pada proses pembelajaran dan dituliskan dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Kesimpulan yang diambil dari paparan hasil penelitian dan pembahasan adalah analisis nilai-nilai karakter yang terdapat dalam wacana lagu anak karya Pak Kasur yang dapat digunakan sebagai bahan ajar di sekolah dasar. Pemanfaatan lagu anak sebagai bahan ajar di sekolah dasar salah satunya yaitu sebagai sumber pengetahuan yang terdapat dalam proses pembelajaran.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectWacanaen_US
dc.subjectNilai-nilai karakteren_US
dc.subjectwacana laguen_US
dc.subjectLagu anaken_US
dc.subjectBahan ajaren_US
dc.subjectPendidikan dasaren_US
dc.titleAnalisis Nilai-Nilai Karakter Dalam Wacana Lagu Anak Karya Pak Kasur dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar di Sekolah Dasaren_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record