dc.description.abstract | Sekolah Dasar (SD) merupakan jenjang penanaman pendidikan yang
berkarakter sehingga lahir manusia yang berkarakter. Karakter siswa SD terbentuk
jika siswa SD dapat memahami nilai-nilai karakter yang ada di lingkungan
sekolah. Sesuai dengan tahap berpikir siswa SD yang masih suka bermain, guru
dapat memberikan nilai-nilai karakter melalui kegiatan bernyanyi. Salah satu
contoh yaitu nilai-nilai karakter yang terdapat dalam lagu anak karya Pak Kasur,
sehingga nilai-nilai karakter tersebut dapat dibelajarkan pada siswa.
Berdasarkan pernyataan tersebut permasalahan dalam penelitian ini adalah
bagaimanakah nilai-nilai karakter yang terkandung dalam wacana lagu anak karya
Pak Kasur dan pemanfaatannya sebagai bahan ajar di sekolah dasar. Sesuai
dengan permasalahan penelitian, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam wacana
lagu anak karya Pak kKasur dan pemanfaatannya sebagai bahan ajar di sekolah
dasar.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu rancangan
penelitian kualitatif (analisis isi). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif,
yang mendeskripsikan mengenai nilai-nilai karakter yang terkandung dalam
wacana lagu anak karya Pak Kasur dan pemanfaatannya sebagai bahan ajar di
Sekolah Dasar (SD). Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kata-kata
dan kalimat yang terdapat dalam lirik lagu anak karya Pak Kasur yang
menunjukkan adanya nilai-nilai karakter. Sumber data dalam penelitian ini berupa
teks wacana lagu anak karya Pak Kasur yang berjudul Bangun Tidur, Sayang
Semua, Topi Saya Bundar, Satu Dua Tiga Empat, Aku Pandai Menggambar, Aku
Pandai Menulis, Jika Ku Sekolah Nanti, Ke Pekan, Kebunku, Keranjang Sampah,
Selamat Pagi, dan Bermain Layangan serta berasal dari kurikulum 2013 yang
digunakan pada Sekolah Dasar (SD) Khususnya kelas rendah.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode
dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisisis data dalam penelitian
ini menggunakan teknik analisis data yang sesuai dengan pendapat Moleong
(2010:247), yang terdiri dari empat tahap yaitu, tahap mreduksi data, pengkodean,
pendeskripsian, dan penafsiran atau interpretasi.
Hasil penelitian ini berupa nilai-nilai karakter yang terkandung dalam
wacana lagu anak karya Pak kasur, antara lain: 1) Nilai-nilai karakter hubungan
manusia dengan dirinya sendiri, 3) Nilai-nilai karakter hubungan manusia dengan
sesama, 4) Nilai-nilai karakter hubungan manusia dengan lingkungan. Lagu anak
karya Pak Kasur dimanfaatkan sebagai bahan ajar di sekolah dasar yang terdapat
pada proses pembelajaran dan dituliskan dalam bentuk rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP). Kesimpulan yang diambil dari paparan hasil penelitian dan
pembahasan adalah analisis nilai-nilai karakter yang terdapat dalam wacana lagu
anak karya Pak Kasur yang dapat digunakan sebagai bahan ajar di sekolah dasar.
Pemanfaatan lagu anak sebagai bahan ajar di sekolah dasar salah satunya yaitu
sebagai sumber pengetahuan yang terdapat dalam proses pembelajaran. | en_US |