Show simple item record

dc.contributor.authorJatisukamto, Gaguk
dc.contributor.authorSari, Mirna
dc.contributor.authorPutranto, Gembong Djoni
dc.date.accessioned2019-04-10T07:33:29Z
dc.date.available2019-04-10T07:33:29Z
dc.date.issued2019-04-10
dc.identifier.issn2442-4471
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90320
dc.descriptionJurnal Elemen Volume 4 Nomor 2, Desember 2017en_US
dc.description.abstractKestabilan pesawat terbang ditentukan oleh disain airfoil sayap dan ekor. Perbedaan aliran udara antara permukaan atas dan bawah airfoil menghasilkan perbedaan tekanan sehingga menyebabkan gaya angkat (lift) pada sayap. Perbedaan tekanan udara pada permukaan sayap dinyatakan dengan pressure coefficient (c p ), yaitu perbedaan tekanan statik lokal dengan tekanan statik aliran bebas. Koefisien lift (C l ) adalah rasio antara gaya angkat (lift) dengan tekanan dinamis. Peningkatan angka C l sebesar 20,4% pada riset sebelumnya diperoleh berdasarkan simulasi penambahan flap. Penelitian ini bertujuan menganalis flap dengan menambahkan vane (double slotted flap). Metodologi penelitian dilakukan dengan simulasi Computational Fluid Dynamic (CFD). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perubahan koefisien lift dari kedua airfoil tidak terlalu signifikan, dimana perubahan pada bagian bawah trailing edge relatif kecil. Penambahan vane akan menambah tekanan positif pada bagian bawah airfoil sehingga menambah gaya angkat (lift).en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectCpen_US
dc.subjectvaneen_US
dc.subjectdouble slotted flapen_US
dc.subjectairfoilen_US
dc.subjectCFDen_US
dc.titleAnalisis Pengaruh Vane Terhadap Karakteristik Distribusi Tekanan Airfoil Double-Slotted Flap Pesawat N2XXen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record