Show simple item record

dc.contributor.authorRahmawan, Exwan
dc.contributor.authorJatisukamto, Gaguk
dc.date.accessioned2019-04-10T07:30:10Z
dc.date.available2019-04-10T07:30:10Z
dc.date.issued2019-04-10
dc.identifier.issn1979-018X
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90319
dc.descriptionJurnal ROTOR, Edisi Khusus No. 3, Desember 2017en_US
dc.description.abstractKestabilan pesawat terbang diperlukan pada saat pesawat mengalami left engine in operatif (LEI). LEI adalah keadaan bagian mesin kiri pesawat tidak berfungsi pada saat terbang atau tinggal landas. LEI dapat diantisipasi dengan menggunakan ekor pesawat bagian vertikal (rudder) sebagai tumpuan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik aerodinamika rudder. Metodologi penelitian dengan cara analisis aerodinamika rudder menggunakan simulasi software digital Datcom. Data input simulasi terdiri dari: coefisien yowing deflection of rudder (C NDR ) = -0,0022889/deg, dan Vertical Volume (V v ) = 0,0830. Pengujian sebelumnya menggunakan V V = 0,79 dan selanjutnya V V = 0,83. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka Vv = 0,83 lebih stabil jika dibandingkan dengan V v = 0,79. Kesimpulan penelitian yaitu jika pesawat mengalami LEI, maka kestabilan rudder dikondisikan sebagai berikut: V v = 0,083, C NDR = -0.0022889/degree, coefisien lift C L = 1,8837 dan angle of attact (α) = 8,3277.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectLeft engine in operatifen_US
dc.subjectvertical volumeen_US
dc.subjectDigital Datcomen_US
dc.subjectAngle of attacten_US
dc.titleAnalisis Kestabilan Aerodinamika pada Rudder Pesawat Terbang N2XX pada Kondisi Left Engine Inoperatif (LEI)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record