• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Tindak Tutur Direktif Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SDN Nogosari IV Kecamatan Rambipuji

    Thumbnail
    View/Open
    Luluk Fitriyaningsih - 110210402011 Sdh.pdf (2.231Mb)
    Date
    2019-04-10
    Author
    Fitriyaningsih, Luluk
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bahasa merupakan alat komunikasi yang penting bagi manusia. Sebagai mahluk sosial, manusia selalu menggunakan bahasa untuk menyampaikan gagasan dan pikiran kepada orang lain dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan bahasa juga dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran. Saat mengajar, guru menggunakan berbagai tindak tutur dalam berbagai peristiwa, salah satunya adalah tindak tutur direktif. Tindak tutur yang digunakan oleh guru tersebut merupakan tindak tutur yang dominan digunakan oleh guru SDN Nogosari IV untuk memfokuskan siswanya saat kegiatan pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu : (1) bagaimanakah wujud tindak tutur direktif yang digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas V SDN Nogosari IV, (2) bagaimanakah modus tindak tutur direktif yang digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas V SDN Nogosari IV. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif pragmatik. Data dalam penelitian ini adalah segmen tutur beserta konteks yang diindikasikan memuat tindak tutur direktif. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan guru dalam kegiatan pembelajaran di SDN Nogosari IV Kecamatan Rambipuji. Data dikumpulkan dengan menggunakan tiga teknik yaitu : (1) observasi/pengamatan, (2) rekam, (3) simak, dan (4) catat. Analisis data yang dilakukan dengan metode kualitatif, yang terdiri atas tiga proses, yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada enam jenis tindak tutur direktif yang ditemukan yaitu tindak tutur yaitu, requestives, questions, requirements, prohibitive, permissives, dan advisories. Selain itu, ada tujuh modus tindak tutur direktif yang digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran di Kelas V SDN Nogosari Kecamatan Rambipuji.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90312
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository