dc.description.abstract | Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet saat ini,
membuat perusahaan harus bisa memanfaatkan media internet sebagai sarana
pemasaran bisnisnya. Sebagian perusahaan berskala besar maupun kecil sudah
memanfaatkan internet sebagai media pembelian dan penjualan produk/jasa dan
informasi secara online atau dikenal dengan istilah Electronic Commerce / ecommerce
(McLeod dan Schell, 2004:49). Perkembangan e-commerce telah
membawa banyak perubahan bagi sektor bisnis, dari yang awalnya sektor real
(aktivitas bisnis di dunia nyata) kemudian berkembang ke dunia maya (virtual).
Berkembangnya e commerce membuat perilaku konsumen dalam membeli produk
atau jasa juga mengalami perubahan. Sebagian besar konsumen merasa mudah
berbelanja melalui situs online, tetapi ada juga konsumen yang masih meragukan
dan belum percaya dengan produk yang dibelinya melalui belanja online, salah
satunya adalah situs Tokopedia. Kepercayaan dan kepuasan dalam berbelanja
online di Tokopedia dapat membentuk loyalitas konsumen terhadap situs tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepercayaan dan kepuasan
terhadap loyalitas konsumen Tokopedia. Jenis penelitian ini adalah explanatory
research. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil
jawaban kuesioner pada 100 responden, ditentukan dengan menggunakan teknik
purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
regresi dengan pendekatan konfirmatori / CFA dengan bantuan aplikasi AMOS
22.
Berdasarkan analisis hasil studi dan pembahasan tentang pengaruh
kepercayaan dan kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dapat
disimpulkan sebagai berikut : 1) Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas konsumen berbelanja online di Tokopedia, 2) Kepuasan berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas konsumen berbelanja online di Tokopedia | en_US |