• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi

    Thumbnail
    View/Open
    David Iswanto - 110210402076 Sdh.pdf (859.4Kb)
    Date
    2019-04-09
    Author
    Iswanto, David
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi berbagai nilai pendidikan, yaitu nilai sosial, nilai kepribadian, nilai kesusilaan, dan nilai religius dalam novel Negeri 5 Menara karya A. Fuadi. Novel ini menggambarkan kisah kehidupan sehari-hari dan pergulatan batin oleh kelima tokoh sentral yang ingin meraih kesuksesan dengan berjuang. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) bagaimanakah unsur intrinsik novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi yang meliputi: tema, penokohan, dan konflik? (2) Bagaimanakah nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tema, penokohan, konflik, serta mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan dalam novel Negeri 5 Menara karya A. Fuadi. Penelitian ini dapat bermanfaat bagi guru sebagai bahan pembelajaran sastra di sekolah. Bagi pembaca, dapat mengambil pesan moral dan bagi peneliti selanjutnya dapat digunakan sebagai pijakan dalam melakukan penelitian yang lebih mendalam. Desain kualitatif dengan metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Sumber data dalam penelitian ini yaitu novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Data dalam penelitian ini berupa tulisan, baik berbentuk kata-kata, kalimat-kalimat, maupun paragraf yang berkaitan dengan tema, penokohan, konflik, serta nilai pendidikan dalam novel Negeri 5 Menara karya A. Fuadi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dengan langkah membaca secara berulang-ulang, mengklasifikasi dan kategorisasi data, dan melakukan kodifikasi pada setiap nilai-nilai, dan reduksi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi pembacaan, interpretasi data, dan verifikasi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90182
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository