Show simple item record

dc.contributor.authorHelmi Fauzi
dc.date.accessioned2013-12-16T02:46:44Z
dc.date.available2013-12-16T02:46:44Z
dc.date.issued2013-12-16
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9007
dc.description.abstractMobil listrik merupakan mobil yang menggunakan tenaga penggerak berupa motor listrik dimana energi listrik dapat disimpan dalam baterai. Bangkitnya popularitas mobil listrik ini menarik minat perusahaan otomotif dunia untuk mengembangkannya. Universitas Jember merupakan salah satu dari beberapa perguruan tinggi yang turut serta dalam pengembangan mobil listrik. Pengembangan mobil listrik di Universitas Jember sudah dimulai sejak tahun 2009. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis. Pada penelitian ini dilakukan perhitungan secara manual dengan metode elemen hingga yang kemudian dibandingkan dengan simulasi menggunakan software Catia P3 V5R14. Sehingga kita dapat memperhitungkan besar tegangan, regangan, dan defleksi yang terjadi pada struktur frame mobil listrik “Sinosi”. Adapun material yang digunakan adalah baja St37 berprofil U dengan pembebanan -1020 N, 3980 N, dan -485 N pada jarak 0 cm, 101,5 cm, dan 200 cm. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Las Fakultas Teknik Universitas Jember. Dari hasil perhitungan menggunakan metode elemen hingga didapat nilai sebelum diberi penguat lebih besar daripada nilai sesudah diberi penguat. Perbandingan nilai displacement antara frame sebelum diberi penguat dan sesudah diberi penguat, didapat peningkatan sebesar 7,32 % akibat adanya penambahan penguat pada frame. Nilai displacement maksimum didapat pada u 5 dan u 6 yaitu sebesar 1,123 cm sebelum diberi penguat dan menjadi 1,0404 cm sesudah diberi penguat. Perbandingan nilai regangan antara frame sebelum diberi penguat dan sesudah diberi penguat didapat peningkatan sebesar 14,11 % akibat adanya penambahan penguat pada frame. Nilai regangan maksimum terjadi pada ϵ x3 dan ϵ x4 yaitu sebesar 9,976E-06 cm sebelum diberi penguat dan menjadi 8,56923E-06 cm setelah diberi penguat. Perbandingan nilai tegangan antara frame sebelumen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries09191010103;
dc.subjectMOBIL LISTRIK SINOSIen_US
dc.titleANALISIS TEGANGAN PADA FRAME MOBIL LISTRIK SINOSI MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record