dc.description.abstract | Berdasarkan hasil dan pembahasan yang telah dilakukan bahwa kegiatan
pembelajaran seni rupa untuk kreativitas anak kelompok B TK Tadika Puri
Kaliwates Jember diperoleh data sebagai berikut, kegiatan pembelajaran seni rupa
di TK Tadika Puri Kaliwates jember dalam pelaksanaanya memperhatikan
beberapa hal yaitu proses alamiah (sesuai dengan masa perkembangan anak),
proses sosial (memunculkan sifat mau bekerjasama anak), kenyamanan belajar,
bersifat integratif (mencakup beberapa perkembangan), cara menilai hasil karya
anak. Penilaian kreativitas anak yang meliputi 4 (empat) unsur yaitu kelancaran
(fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality), dan keterperincian
(elaboration). Penilaian dari masing-masing unsur tersebut memiliki empat
dimensi dalam skala angka 1-4 yang digunakan sebagai indikator dalam menilai
kreativitas anak. Hasil persentase dari 3 kali pertemuan menunjukkan bahwa
kreativitas anak sudah baik, hal ini dapat dilihat dari hasil pemerolehan persentase
yang menunjukkan bahwa kemampuan anak yang berkembang sesuai harapan
lebih banyak, sedangkan untuk kemampuan anak yang belum berkembang tidak
ditemukan. Melalui pembelajaran seni rupa perkembangan kreativitas anak dapat
dicapai dengan maksimal. | en_US |