Show simple item record

dc.contributor.advisorNuriman
dc.contributor.advisorAgustiningsih
dc.contributor.authorANIQ, Nilna
dc.date.accessioned2019-04-04T03:23:16Z
dc.date.available2019-04-04T03:23:16Z
dc.date.issued2019-04-04
dc.identifier.nimNIM140210204066
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90007
dc.description.abstractKeterampilan penalaran ilmiah adalah kemampuan yang membuat siswa mampu secara sengaja mencari ilmu pengetahuan dan menghubungkan antara apa yang disampaikan dalam teori dengan apa yang terjadi dalam kenyataan. Siswa yang memiliki kemampuan penalaran ilmiah yang rendah akan kesulitan memahami teori dan materi yang diajarkan sehingga akan berdampak pada hasil belajarnya. Diperlukan kegiatan pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan penalaran ilmiah siswa agar siswa tidak memahami materi yang diajarkan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “adakah hubungan antara kemampuan penalaran ilmiah dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Seruni 01 Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidak adanya hubungan kemampuan penalaran ilmiah dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Seruni 01 Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Penlitian ini merupakan jenis penelitian korelasional yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi berjumlah 41 siswa kelas IV SDN Seruni 01 Jenggawah Jember yang semuanya dijadikan sebagai responden penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, digunakan untuk mengukur kemampuan penalaran ilmiah dan hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi product moment pearson.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210204066;
dc.subjectKemampuan Penalaran Ilmiahen_US
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.subjectSDN Seruni 01 Jenggawah Jemberen_US
dc.titleHubungan Kemampuan Penalaran Ilmiah dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Seruni 01 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record