dc.description.abstract | Total Quality Service (TQS) merupakan suatu sistem manajemen strategik
dan integratif yang melibatkan semua manajer dan serta menggunakan metode
kualitatif dan kuantitatif untuk meningkatkan secara terus-menerus proses
organisasi, agar dapat memenuhi dan melebihi kebutuhan, keinginan, dan harapan
pelanggan. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, indikator pelayanan kesehatan di
Rumah Sakit Umum Kaliwates yang memenuhi standar menurut Departemen
Kesehatan tahun 2005 hanya indikator TOI yaitu tahun 2015 sebesar 1.91, tahun
2016 sebesar 1.87 dan tahun 2017 sebesar 1.64, dengan standar 1-3 hari. Indikator
Standar Pelayanan Minimal (SPM) di unit rawat inap masih ada yang belum
memenuhi standar yang telah ditetapkan. Salah satunya adalah indikator angka
kepuasan pelanggan sebesar 89.1 dengan standar yang telah ditetapkan yaitu ≥90.
Dari data tersebut diketahui bahwa mutu pelayanan di unit rawat inap masih
belum optimal atau kurang berjalan dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Total Quality Service (TQS) di
unit rawat inap Rumah Sakit Umum Kaliwates Kabupaten Jember berdasarkan
fokus pelanggan, keterlibatan total, pengukuran kinerja, dukungan sistematis,dan
perbaikan berkesinambungan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif,
pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam ke informan kunci
yaitu manajer keperawatan dan informan utama yaitu kepala unit rawat inap,
ketua PMKP, kepala ruang keperawatan B, ketua tim ruang keperawatan B,
kepala ruang VIP dan VVIP, ketua tim ruang VIP dan VVIP lantai 1,2,3, dan
kepala ruang kebidanan dan kandunagan. Instrumen yang digunakan dalam
pengambilan data yaitu panduan wawancara mendalam. | en_US |