dc.description.abstract | Salah satu faktor yang berperan penting pada efisiensi bahan bakar pada kendaraan adalah rolling
resistance. Rolling Resistance adalah tahanan terhadap roda yang akan dan telah menggelinding akibat
adanya gaya gesekan antara roda dengan permukaan jalannya roda. Ban radial umumnya mempunyai
aspek ratio yaitu perbandingan tinggi dan lebar lebih kecil dari ban bias.Ban radial adalah ban yang
paling banyak dipakai pada kendaraan penumpang untuk saat ini. Pada penelitian ini akan melakukan
analisa tentang pengaruh tekanan udara pada ban tipe radial ply terhadap rolling resistance. Pada
penelitian ini digunakan alat standar pengukuran rolling resistance yang ditetapkan oleh International
Organization for Standardization (ISO), yaitu ISO 18164: 2005. Tujuan penelitian ini mengetahui
pengaruh tekanan udara (inflation preassure) terhadap rolling resistance pada ban tipe radial ply pada
kecepatan 36,7 km/jam. Penelitian ini tekanan udara yang diberikan bervariasi mulai dari 100 kPa, 150
kPa, 200 kPa, 250 kPa, dan 300 kPa dengan pembebanan radial 1kN. Nilai rolling resistance diukur
menggunakan alat uji rolling resistance dan untuk mengetahui kecepatan putar menggunakan
tachometer. Nilai rata – rata rolling resistance dan lebar tapak terkecil terdapat pada tekanan udara
300 kPa dengan nilai 9,36 N dan 39 mm. Nilai rata – rata rolling resistance dan lebar tapak terbesar
terdapat pada tekanan 100 kPa dengan nilai 19,97 N dan 51,5 mm. Tekanan udara (inflation preassure)
dapat meningkatkan dan menurunkan nilai rolling resistance, dikarenakan luasan kontak ban terhadap
permukaan jalan yang berubah seiring dengan perubahan tekanan udara (inflation preassure) yang
diberikan. | en_US |