Show simple item record

dc.contributor.authorRachmawati, Sinta
dc.contributor.authorSuryawati, Sri
dc.contributor.authorRustamaji, Rustamaji
dc.date.accessioned2019-03-20T07:30:44Z
dc.date.available2019-03-20T07:30:44Z
dc.date.issued2019-03-20
dc.identifier.issn0216-2482
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89832
dc.descriptionJURNAL MKMI, Vol. 14 No. 4, Desember 2018en_US
dc.description.abstractPenyalahgunaan narkoba masih menjadi permasalahan kesehatan yang mendesak di Indonesia. Ceramah menjadi salah satu metode yang paling banyak digunakan untuk memberikan informasi, termasuk bahaya narkoba. CBIA (Cara Belajar Insan Aktif)-Narkoba merupakan metode pendidikan alternatif yang melibatkan diskusi kelompok kecil. Penelitian ini bertujuan menilai efektivitas CBIA-Narkoba dibandingkan dengan metode ceramah dalam peningkatan pengetahuan remaja untuk menolak narkoba. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimental semu dengan rancangan pre test-post test control group design. Partisipan yang terlibat sebanyak 30 responden untuk kelompok CBIA-Narkoba, 30 responden untuk kelompok intervensi dan 30 responden untuk kelompok kontrol. Analisis statistika multivariat (kruskall wallis) digunakan untuk mengetahui efektivitas antara metode CBIA-Narkoba dengan ceramah. Uji beda post test 1 menunjukkan adanya kebermaknaan antar metode (p<0,05). Artinya CBIA-Narkoba lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan untuk menolak narkoba diban- dingkan metode ceramah.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectCBIAen_US
dc.subjectceramahen_US
dc.subjectpengetahuanen_US
dc.subjectnarkobaen_US
dc.titleEfektivitas CBIA-Narkoba dalam Peningkatan Pengetahuan Remaja untuk Menolak Narkoba (Effectiveness of CBIA-Drug in Improving Youth Knowledge to Resist Drugs)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record