Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Writing Sebagai Upaya Pencegahan Terhadap Maraknya Isu Plagiarisme Dalam Dunia Pendidikan
Abstract
Fenomena  terkait degradasi moral bangsa Indonesia akhir-akhir ini semakin marak
dibicarakan di kalangan masyarakat luas. Hal ini menjadi perhatian cukup serius dari
pemerintah, khususnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk  mengembangkan
program pendidikan karakter di semua jenjang  pendidikan. Salah satu strategi yang dapat
digunakan adalah dengan mengintegrasikan pendidikan karakter pada semua bidang studi,
sehingga semua guru bertanggungjawab  akan terbentuknya karakter  anak bangsa yang lebih
baik. Pendidikan karakter dapat diintegrasikan dalam pembelajaran Writing dengan
pertimbangan sering  terjadinya isu plagiarisme dalam dunia pendidikan yang notabene
dilakukan oleh para  pendidik kita pada semua jenjang  pendidikan. Dengan mengintegrasikan
nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, kedisiplinan, keuletan, dan ketelitian dalam
pembelajaran  Writing diharapkan  plagiarisme pada masa yang akan datang dapat
diminimalisir.
Collections
- LSP-Conference Proceeding [1879]
