dc.description.abstract | Implementasi pembelajaran Full Day School merupakan system
pendidikan yang menerapkan pembelajaran atau kegiatan belajar mengajar sehari
penuh dengan memadukan sistem pengajaran yang intensif yakni dengan
menambah waktu jam pelajaran sampai sehari penuh. Pada sekolah umumnya
pembelajaran hanya sampai siang, untuk sekolah full day ini waktu yang
digunakan dalam pembelajaran lebih lama, karena ada tambahan pelajaran yang
di anggap perlu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, serta pengembangan
diri dan kreatifitas siswa. Salah satu sekolah di kabupaten Jember yang
menerapkan pembelajaran ini ialah MTsN 2 Jember.
Implementasi pembelajaran full day school di MTs Negeri 2 Jember telah
berjalan selama lima tahun yang dimulai sejak tahun 2012. Beberapa yang
melatar belakangi diantaranya yaitu sebagai salah satu langkah preventif dalam
mencegah kerusakan moral dan kecerdasan akibat perkembangan zaman dan
tekhnologi yang tak terbendung saat ini, kemudian untuk memfasilitasi
pengembangan minat dan bakat siswa. Implementasi pembelajaran full day
school memerlukan perencanaan yang baik. Perencanaan pembelajaran meliputi
perencanaan kegiatan pembelajaran didalam kelas pagi dan kelas sore.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan implementasi pembelajaran full day school di MTs Negeri 2
Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan
metode tujuan tertentu atau secara sengaj yang dilaksanakan di MTsN 2 Jember. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta
penarikan kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dalam pelaksanaan
pembelajaran program full day school, MTs Negeri 2 Jember melakukan inovasi
terhadap program ini, yakni dengan membentuk kelas peminatan yang mana
sering disebut “full day tahap sore” dari jam 14.30-16.00 WIB. Sedangkan pada
jam 6.45-14.00 WIB pembelajaran dilaksanakan sebagaimana mestinya kelas
reguler yang diikuti oleh semua siswa yang ada di MTs Negeri 2 Jember. Khusus
kelas full day school selanjutnya pada pukul 14.00-16.00 WIB dilanjutkan dengan
kelas peminatan yang telah dibentuk oleh tim. Tim pelaksana membentuk
beberapa kelas peminatan yang bisa diikuti oleh siswa diantaranya, peminatan
bahasa, peminatan matematika, peminatan IPA, dan peminatan IPS.
Metode pembelajaran yang digunakan heterogen atau beragam, hal
tersebut guna mengurangi rasa bosan dan jenuh siswa. Kemudian dalam kaitannya
dengan evaluasi pembelajaran menurut informasi yang diterima dari pihak
sekolah dalam kaitannya dengan program fulday school, terdapat dua raport yang
diberikan pada siswa yang mengikuti program fullday school yaitu raport kelas
reguler dan raport kelas peminatan. Raport kelas reguler berisikan hasil belajar
siswa pada semua mata pelajaran yang diikuti selama satu semester, sedangkan
raport kelas peminatan berisikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran yang
disesuaikan dengan program peminatan yang diikutinya. | en_US |