Show simple item record

dc.contributor.advisorDJAJA, Sutrisno
dc.contributor.advisorANI, Hety Mustika
dc.contributor.authorARIFIN, Zainul
dc.date.accessioned2019-03-04T05:41:03Z
dc.date.available2019-03-04T05:41:03Z
dc.date.issued2019-03-04
dc.identifier.nimNIM110210301044
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89745
dc.description.abstractImplementasi pembelajaran Full Day School merupakan system pendidikan yang menerapkan pembelajaran atau kegiatan belajar mengajar sehari penuh dengan memadukan sistem pengajaran yang intensif yakni dengan menambah waktu jam pelajaran sampai sehari penuh. Pada sekolah umumnya pembelajaran hanya sampai siang, untuk sekolah full day ini waktu yang digunakan dalam pembelajaran lebih lama, karena ada tambahan pelajaran yang di anggap perlu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, serta pengembangan diri dan kreatifitas siswa. Salah satu sekolah di kabupaten Jember yang menerapkan pembelajaran ini ialah MTsN 2 Jember. Implementasi pembelajaran full day school di MTs Negeri 2 Jember telah berjalan selama lima tahun yang dimulai sejak tahun 2012. Beberapa yang melatar belakangi diantaranya yaitu sebagai salah satu langkah preventif dalam mencegah kerusakan moral dan kecerdasan akibat perkembangan zaman dan tekhnologi yang tak terbendung saat ini, kemudian untuk memfasilitasi pengembangan minat dan bakat siswa. Implementasi pembelajaran full day school memerlukan perencanaan yang baik. Perencanaan pembelajaran meliputi perencanaan kegiatan pembelajaran didalam kelas pagi dan kelas sore. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran full day school di MTs Negeri 2 Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan metode tujuan tertentu atau secara sengaj yang dilaksanakan di MTsN 2 Jember. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran program full day school, MTs Negeri 2 Jember melakukan inovasi terhadap program ini, yakni dengan membentuk kelas peminatan yang mana sering disebut “full day tahap sore” dari jam 14.30-16.00 WIB. Sedangkan pada jam 6.45-14.00 WIB pembelajaran dilaksanakan sebagaimana mestinya kelas reguler yang diikuti oleh semua siswa yang ada di MTs Negeri 2 Jember. Khusus kelas full day school selanjutnya pada pukul 14.00-16.00 WIB dilanjutkan dengan kelas peminatan yang telah dibentuk oleh tim. Tim pelaksana membentuk beberapa kelas peminatan yang bisa diikuti oleh siswa diantaranya, peminatan bahasa, peminatan matematika, peminatan IPA, dan peminatan IPS. Metode pembelajaran yang digunakan heterogen atau beragam, hal tersebut guna mengurangi rasa bosan dan jenuh siswa. Kemudian dalam kaitannya dengan evaluasi pembelajaran menurut informasi yang diterima dari pihak sekolah dalam kaitannya dengan program fulday school, terdapat dua raport yang diberikan pada siswa yang mengikuti program fullday school yaitu raport kelas reguler dan raport kelas peminatan. Raport kelas reguler berisikan hasil belajar siswa pada semua mata pelajaran yang diikuti selama satu semester, sedangkan raport kelas peminatan berisikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran yang disesuaikan dengan program peminatan yang diikutinya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries110210301044;
dc.subjectImplementasi pembelajaranen_US
dc.subjectFull Day Schoolen_US
dc.titleImplementasi Program Full Day School di MTSN 2 Jember Tahun Ajaran 2017/2018en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record