Show simple item record

dc.contributor.advisorTRIONO, Agus
dc.contributor.advisorDJUMHARIYANTO, Dwi
dc.contributor.authorJATIKUSUMA, M. Ikhwan Rama
dc.date.accessioned2019-02-20T06:04:31Z
dc.date.available2019-02-20T06:04:31Z
dc.date.issued2019-02-20
dc.identifier.nimNIM121910101049
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89623
dc.description.abstractCamshaft merupakan salah satu komponen utama sebagai pengatur mekanisme membuka dan menutupnya suatu katup (valve) pada saat yang tepat guna terjadinya aliran campuran udara dan bahan bakar yang ideal. Tujuan dari kajian ini untuk mengetahui besarnya perbedaan hasil tegangan vonmises, tegangan normal, regangan, dan total deformasi maksimum yang terjadi pada camshaft standar dan variasi menggunakan metode elemen hingga berbasis simulasi software. Metode eksperimental dilakukan untuk pegujian langsung dan menganalisis berapa besar gaya yang bekerja pada camshaft. Pada metode elemen hingga pemodelan dapat dibuat secara dinamis sampai ditemukan desain yang optimal. Sehingga camshaft dapat lebih mampu bertahan dalam menanggung semua kasus beban yang bekerja terhadapnya. Pada mulanya desain camshaft dibuat berdasarkan kebutuhan dasar mesin agar menghasilkan tenaga yang diinginkan. Kemudian menentukan parameter beban seperti rasio kompresi ruang bakar dan juga kekakuan pegas. Pada saluran In, camshaft standar mempunyai nilai tegangan vonmises sebesar 6,2 Mpa, tegangan normal 1,4 Mpa, regangan 3,8x10 mm/mm, dan total deformasi 0,00032 mm. Sedangkan camshaft variasi mempunyai nilai tegangan vonmises sebesar 8,8 Mpa, tegangan normal 2,7 Mpa, regangan 5,8x10 -5 5 mm/mm, dan total deformasi 0,00040 mm. Pada saluran Ex, camshaft standar mempunyai nilai tegangan vonmises sebesar 7,6 Mpa, tegangan normal 2,4 Mpa, regangan 4,4x10 mm/mm, dan total deformasi 0,00029 mm. Sedangkan camshaft variasi mempunyai nilai tegangan vonmises sebesar 5,2 Mpa, tegangan normal 3,0 Mpa, regangan 3,6x10 -5 mm/mm, dan total deformasi 0,00027 mm. Sehingga secara keseluruhan camshaft variasi lebih banyak memiliki nilai maksimum parameter uji yang lebih besar dibanding dengan camshaft standar. -5en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries121910101049;
dc.subjectCamshaften_US
dc.subjectAnalisis Strukturalen_US
dc.titleAnalisis dan Pemodelan Variasi Desain Camshaft Sepeda Motor Menggunakan Metode Elemen Hinggaen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record