• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis dan Pemodelan Variasi Desain Camshaft Sepeda Motor Menggunakan Metode Elemen Hingga

    Thumbnail
    View/Open
    M. Ikhwan Rama Jatikusuma-121910101049.pdf (4.751Mb)
    Date
    2019-02-20
    Author
    JATIKUSUMA, M. Ikhwan Rama
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Camshaft merupakan salah satu komponen utama sebagai pengatur mekanisme membuka dan menutupnya suatu katup (valve) pada saat yang tepat guna terjadinya aliran campuran udara dan bahan bakar yang ideal. Tujuan dari kajian ini untuk mengetahui besarnya perbedaan hasil tegangan vonmises, tegangan normal, regangan, dan total deformasi maksimum yang terjadi pada camshaft standar dan variasi menggunakan metode elemen hingga berbasis simulasi software. Metode eksperimental dilakukan untuk pegujian langsung dan menganalisis berapa besar gaya yang bekerja pada camshaft. Pada metode elemen hingga pemodelan dapat dibuat secara dinamis sampai ditemukan desain yang optimal. Sehingga camshaft dapat lebih mampu bertahan dalam menanggung semua kasus beban yang bekerja terhadapnya. Pada mulanya desain camshaft dibuat berdasarkan kebutuhan dasar mesin agar menghasilkan tenaga yang diinginkan. Kemudian menentukan parameter beban seperti rasio kompresi ruang bakar dan juga kekakuan pegas. Pada saluran In, camshaft standar mempunyai nilai tegangan vonmises sebesar 6,2 Mpa, tegangan normal 1,4 Mpa, regangan 3,8x10 mm/mm, dan total deformasi 0,00032 mm. Sedangkan camshaft variasi mempunyai nilai tegangan vonmises sebesar 8,8 Mpa, tegangan normal 2,7 Mpa, regangan 5,8x10 -5 5 mm/mm, dan total deformasi 0,00040 mm. Pada saluran Ex, camshaft standar mempunyai nilai tegangan vonmises sebesar 7,6 Mpa, tegangan normal 2,4 Mpa, regangan 4,4x10 mm/mm, dan total deformasi 0,00029 mm. Sedangkan camshaft variasi mempunyai nilai tegangan vonmises sebesar 5,2 Mpa, tegangan normal 3,0 Mpa, regangan 3,6x10 -5 mm/mm, dan total deformasi 0,00027 mm. Sehingga secara keseluruhan camshaft variasi lebih banyak memiliki nilai maksimum parameter uji yang lebih besar dibanding dengan camshaft standar. -5
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89623
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4204]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository