dc.contributor.author | Utami, Awalia Firda | |
dc.contributor.author | Astutik, Sri | |
dc.contributor.author | Maryani, Maryani | |
dc.date.accessioned | 2019-01-29T05:12:44Z | |
dc.date.available | 2019-01-29T05:12:44Z | |
dc.date.issued | 2019-01-29 | |
dc.identifier.issn | 2527-5917 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89510 | |
dc.description | PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA 2018
“Aktualisasi Peran Generasi Milenial Melalui Pendidikan, Pengembangan Sains, dan Teknologi dalam Menyongsong
Generasi Emas 2045“ | en_US |
dc.description.abstract | Berpikir kritis merupakan suatu proses kognisi siswa secara secara mendalam yang diterapkan pada
kegiatan pembelajaran dengan memenuhi indikator-indikator berpikir kritis. Kemampuan berpikir
kritis siswa dilatihkan dengan menggunakan LKS berbasis inkuiri terbimbing. LKS ini disajikan
dengan pengintegrasian model inkuiri terbimbing dan dalam setiap langkah model inkuiri terbimbing
dan dalam setiap langkah model inkuiri terbimbing tersebut akan dimunculkan indikator kemampuan
berpikir kritis. Indikator kemampuan berpikir kritis yang digunakan dalam penelitian ini adalah
elementary clarification (memberikan penjelasan sederhana), basic support (membangun
keterampilan dasar), inference (inferensi), advance clarification (membuat penjelasan lebih lanjut),
dan strategy and tactics (strategi dan taktik). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan
kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan subjek
penelitian siswa kelas XI IPA 2 di MAN 3 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu
dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kritis. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes uraian
kemampuan berpikir kritis. Tes kemampuan berpikir kritis ini berupa pretest dan posttest.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa besar peningkatan tes kemampuan berpikir kritis siswa
yaitu 0, 37 dengan kategori sedang. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | LKS | en_US |
dc.subject | Inkuiri Terbimbing | en_US |
dc.subject | Berpikir Kritis | en_US |
dc.title | LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Termodinamika | en_US |
dc.type | Prosiding | en_US |