Show simple item record

dc.contributor.authorH Z Puspitaningrum
dc.contributor.authorAstutik, Sri
dc.contributor.authorSupeno, Supeno
dc.date.accessioned2019-01-29T05:06:49Z
dc.date.available2019-01-29T05:06:49Z
dc.date.issued2019-01-29
dc.identifier.issn2477-1511
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89509
dc.descriptionProsiding Quantum #25 "Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, 2018en_US
dc.description.abstractArgumentasi ilmiah merupakan kemampuan kognitif siswa yang diperlukan untuk mengembangkan kemampuan bernalar, berpikir, mengeksplorasi, dan menjawab pertanyaan. Argumentasi ilmiah tepat digunakan untuk memperoleh produk dan proses sains siswa. Pembelajaran dengan proses sains salah satunya adalah melatihkan argumentasi ilmiah dengan cara kolaboratif. Sehingga tujuan penelitian adalah mengembangkan lembar kerja siswa collaborative creativity. Lembar kerja siswa collaborative creativity merupakan lembar kerja siswa yang menyajikan permasalahan yang disajikan pada tiap kelompok untuk didiskusikan dengan cara menggali ide secara kreatif setiap individu dan diselesaikan dengan menemukan ide-ide baru dan hasil individu digabung menjadi ide kelompok. Ide kelompok inilah yang akan dijadikan dasar untuk merumuskan masalah, menyusun hipotesis, dan memperoleh data dengan cara kolaboratif. Permasalahan pada Lembar Kerja Siswa collaborative creativity yaitu terdapat dua argumen yang saling bertentangan dan penyelesaiannya dengan melibatkan argumen yang disertai dengan bukti dan penjelasan terhadap argumen. Lembar Kerja Siswa collaborative creativity dapat menuntun siswa dalam kegiatan berkelompok sehingga memudahkan siswa dalam melatihkan argumentasi ilmiah. Lembar Kerja Siswa ini terdiri dari indikator berargumentasi ilmiah diantaranya adalah memberikan bukti dan justifikasi terhadap argumen, kontra argumen, dan sanggahan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectLembar Kerja Siswaen_US
dc.subjectCollaborative Creativityen_US
dc.subjectArgumentasi Ilmiahen_US
dc.titleLembar Kerja Siswa Berbasis Collaborative Creativity untuk Melatihkan Kemampuan Berargumentasi Ilmiah Siswa SMAen_US
dc.typeProsidingen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record