dc.description.abstract | Pembelajaran fisika di sekolah membutuhkan pembelajaran yang memuat fenomena fisika dalam
kehidupan sehari-hari agar siswa mudah memahami materi yang akan diajarkan. Aliran air terjun
Tancak Kembar merupakan salah satu contoh fenomena fisika dalam kehidupan sehari-hari yang
termasuk dalam materi fluida dinamis, sehingga dapat dijadikan penunjang untuk merancang bahan
ajar yang bersifat kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dinamika fluida pada aliran air
terjun sebagai dasar rancangan bahan ajar berupa handout. Pengukuran lebar, kedalaman, dan luas
penampang aliran dilakukan menggunakan penggaris Pengukuran debit aliran dan kecepatan aliran
dilakukan dengan menggunakan Arduino Uno yang telah terintegrasi dengan Flow Water Sensor.
Setelah mendapatkan data dari pengukuran langsung, maka peneliti melakukan crosscheck
menggunakan perhitungan matematis. Pengukuran dilakukan pada hari dan jam yang berbeda dengan
hasil rentang luas penampang dari 467 cm
2
sampai 828 cm
2
, kecepatan aliran dengan rentang antara
12,10 cm/s sampai 22,26 cm/s, dan debit aliran dengan rentang antara 10,1 L/s sampai 11 L/s. Hasil
kajian dinamika fluida menunjukkan bahwa kecepatan aliran berbanding terbalik terhadap luas
penampang sungai hal ini sesuai dengan hukum kontinuitas. Hasil tersebut dituangkan dalam bahan
ajar kontekstual berupa handout. | en_US |