Show simple item record

dc.contributor.authorYussi Ardhilla
dc.date.accessioned2013-12-15T13:25:05Z
dc.date.available2013-12-15T13:25:05Z
dc.date.issued2013-12-15
dc.identifier.nimNIM080210301019
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8945
dc.description.abstractAktivitas dan kreativitas b elajar siswa kelas XI Pemasararan 2 SMKN 1 Tanggul Jember masih tergolong rendah dibandingkan dengan kelas XI Pemasaran lainnya. Guru hanya menyampaikan materi pelajaran dengan cara menerangkan melalui media gambar dan papan tulis, materi yang dijelaska n cenderung kurang aplikatif dan komunikatif sehingga membuat siswa menjadi pasif dan bahkan cenderung merasa bosan hal ini menyebabkan rendahnya aktivitas belajar siswa, Pembelajaran tersebut kurang mengembangkan ide -ide kreatif dari siswa, keaslian ide d ari siswa tidak dapat dikembangkan dan juga pada saat proses pembelajaran tidak muncul ide -ide baru dari siswa. Siswa hanya menjelaskan dan mengerjakan tugas kelompok terpaku pada satu media saja. Proses pembelajaran yang kurang menarik tersebut membuat si swa tidak dapat terdorong untuk berfikir creative, untuk itu guru perlu mencoba menggunakan media pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas belajar siswa dengan waktu dan biaya yang lebih efektif dan efisien . Salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas sekaligus kreativitas belajar siswa adalah media pembelajaran berbasis website. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan kreativitas belajar siswa pada standar kompetensi dasar sistem informasi dan teknologi penjulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media berbasis website dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas belajar siswa kelas XI Pemasaran 2 SMKN 1 Tanggul Jember pada mata pelajaran pemasaran barang dan jasa kompetensi dasar system informasi dan teknologi penjualan . Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari skor rata-rata yang dicapai siswa pada indikator aktivitas belajar siswa pada siklus II. Skor rata-rata indikator aktivitas siswa pada siklus I yaitu sebesar 57% atau termasuk dalam kriteria sedang maka pada siklus II pertemuan ke 2 meningkat menjadi 81,6% atau dalam kriteria tinggi. Pada kreativitas belajar siswa juga mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari skor rata -rata pada siklus I yaitu sebesar 2,3 atau dengan kriteria sedang dan pada siklus II meningkat lagi yaitu sebesar 2,80 dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan kreativitas belajar siswa de ngan menggunakan media pembelajaran berbasis website. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah diharapkan guru mata pelajaran pemasaran barang dan jasa di kelas XI PM 2 SMKN 1 Tanggul Jember tahun ajaran 2011/2012 ialah guru tetap menggunakan media pembelajaran berbasis Website dalam proses pembelajaran pemasaran barang dan jasa khususnya pada pokok bahasan system informasi dan teknologi penjualan agar pemebelajaran berjalan lebih interaktif sehingga memudahkan siswa dalam melaksanakan prakte k secara langsung pada proses pembelajaran .en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210301019;
dc.subjectMedia Pembelajaran Berbasis Website, Aktivitas dan Kreativitas Belajaen_US
dc.titlePENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KREATIVITAS BELAJAR SISWAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record