• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Books
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Books
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kemitraan, Kewirausahaan dan Pemberdayaan Usaha Kecil

    Thumbnail
    View/Open
    F. ISIP_Buku Teks_Anastasia M_KEMITRAAN,KEWIRAUSAHAAN.pdf (2.060Mb)
    Date
    2019-01-10
    Author
    Murdyastuti, Anastasia
    Azhari, Abdul Kholiq
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Buku ini memberikan gambaran secara garis besar terkait teori, konsep dan aplikasi yang dilakukan dalam upaya membangun kemitraan, kewirausahaan dan pemberdayaan sebagai upaya mengantisipasi perubahan dalam dunia pemerintahan, dunia usaha maupun kehidupan masyarakat yang terus berubah dan tidak bisa dihindari. Namun agar perubahan sesuai koridor pemerintahan yang baik maka hal ini perlu dikawal menuju good governance. Didalam buku ini juga dijelaskan pola kemitraan yang dibangun melalui kerjasama untuk mengembangkan usaha yang memiliki keunggulan bersaing. Buku ini juga menjelaskan peran dan usaha-usaha yang dilakukan pemerintah, swasta dan masyarakat untuk membangun dan memberdayaan ekonomi kreatif yang berbasis Pengusaha Muda Berpengetahuan, Berjiwa Wirausaha dan Berwawasan Global sehingga mampu menciptakan pelaku-pelaku usaha yang handal, profesional dan berkualitas dalam memenuhi kebutuhan publik. Munculnya organisasi non pemerintah seperti LSM dan Himpunan Masyarakat Lokal mampu melaksanakan tiga peran dalam upaya pengembangan ekonomi rakyat, dan meningkatkan daya saing. Ketiga peran katalis yang dilakukan yaitu melakukan advokasi dalam hal ini bertindak mendekatkan aspirasi masyarakat dengan kebijakan pemerintah daerah, melakukan pemberdayaan dengan membatu permodalan, pelatihan manajemen dan mengembangkan jaringan untuk distribusi dan pengembangan pasar. Peran yang tidak kalah pentingnya yaitu mengembangkan jaringan kerja dan pemasaran sehingga dapat mengembangkan hubungan kemitraan yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak. Melalui pemberdayaan dan jaringan pemasaran, masyarakat sebagai pemilik usaha, pelaku usaha dan pengolah produk memiliki wawasan terkait dengan usahanya yaitu bagaimana menjadi pengusaha handal, profesional dan mampu bersaing. Pemberdayaan masyarakat dan kemitraan secara kelembagaan mendorong meningkatnya pengetahuan kewirausahaan dan teknologi dalam meningkatkan produksi, pengolahan hasil (industri), jaringan pemasaran maupun produk hasil olahan. Pemberdayaan, kewirausahaan dan kemitraan merupakan faktor penentu keberhasilan dalam usahanya meningkatkan daya saing, meningkatkan penghasilan, dan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kebijakan pemerintah daerah yang mampu memfasilitasi permodalan usaha, dan pola usaha serta jaringan pemasaran serta pelatihan kewirausahaan, akan mengakselerasi meningkatnya daya saing sebagai komoditas andalan daerah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89398
    Collections
    • LSP-Books [924]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository