Show simple item record

dc.contributor.advisorWAHYUDI, Edy
dc.contributor.advisorSASONGKO
dc.contributor.authorHUDA, Yusfi Nur
dc.date.accessioned2019-01-08T07:21:03Z
dc.date.available2019-01-08T07:21:03Z
dc.date.issued2019-01-08
dc.identifier.nim140910202019
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89359
dc.description.abstractPerkembangan kehidupan bermasyarakat memiliki kebutuhan dan keinginan yang sangat beragam dan kompleks, menjadikan Usaha Kecil Menengah (UKM) salah satu sektor yang mampu menjawab permasalahan ekonomi yang terjadi terutama di Indonesia salah satunya untuk mengurangi kemiskinan dan mengubah status sosial masyarakat. Peran UKM dalam mementaskan kemiskinan, meningkatkan pendapatan serta penyerapan tenaga kerja tentu berpengaruh bagi kondisi perekonomian Indonesia. Tetapi dalam perkembangannya, kompetisi dalam UKM semakin menarik sehingga dalam mengelolanya harus memperhatikan komponen-komponen yang mempengaruhi usaha tersebut dalam perjalanannya. Strategi jejaring saat ini sangat relevan dalam menjalankan usaha, dunia yang serba terhubung satu sama lain mengakibatkan usaha harus menyesuaikan kondisi saat ini, penguatan akses pasar diperlukan untuk mempertahankan pelanggan yang setia, dan menambah pelanggan melalui konsumen yang beberapa kali bertransaksi jual beli dalam usaha tersebut. Nagud Banyuwangi merupakan usaha kecil yang bergerak pada oleh oleh kaos khas daerah Banyuwangi, produk yang di hasilkan adalah kaos berbagai ukuran diperuntukkan untuk segala umur, dan target konsumen adalah lingkungan pendidikan, masyarakat umum, dan turis yang berkunjung ke wisata Banyuwangi konsep limited edition menjadikan produk Nagud tidak memiliki stok banyak. Usaha ini memiliki misi untuk turut serta mengenalkan budaya khas Banyuwangi yang dituangkan dalam kaos. Usaha Nagud dalam menjalankan bisnisnya mempunyai keinginan untuk bisa menyusur konsumen baik lokal maupun turis yang sempat berwisata di Banyuwangi. Hal tersebut membuat strategi jejaring dan penguatan akses pasar diperlukan untuk menunjang pelebaran sayap bisnisnya, menjadikan produsen dalam menjalankan tujuan bisnisnya. Tujuan yang ingin di capai oleh peneliti adalah untuk mengetahui bagaimana strategi jejaring untuk penguatan akses pada Nagud Banyuwangi. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kualitatif. Tahap analisis data menggunakan domain dan taksonomi dengan penentuan informan melalui key informan, penarikan kesimpulan yang dilakukan secara induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tujuh komponen dari strategi jejaring untuk meningkatkan akses pasar konsumen yang terjadi dalam usaha Nagud, yaitu terdapat konsumen yang aktif ikut serta memasarkan produk Nagud kepada rekan atau teman lainnya, konsumen tersebut baik secara individu maupun sudah berkelompok, terjadinya kesepakatan yang dilakukan oleh pihak Nagud dengan konsumen dalam hal ikut memasarkan produk tersebut, seperti uang komisi 10%-15% di setiap pembeliannya, strategi online dan offline juga terjadi dalam Nagud, seperti penerapan media sosial, dan ikut serta memeriahkan pameran yang diadakan oleh pemerintah daerah, bekerja sama dengan komponenkomponen yang relevan dengan Usaha Nagud, seperti bertukar produk dengan UKM aksesoris, UKM batik, sampai UKM sesama produk kaos, dalam hal pengiriman produk, Nagud berkolaborasi dengan kantor pos setempat. Penelitian dilaksanakan sesuai surat ijin penelitian dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Jember No. 772/UN25.3.1/LT/2018en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectAdministrasi Bisnisen_US
dc.subjectManajemen Pemasaranen_US
dc.subjectNew Wave Strategyen_US
dc.subjectInternet Marketingen_US
dc.subjectUsaha Kecil Menengahen_US
dc.titleStrategi Jejaring untuk Meningkatkan Akses Pasar pada UKM Nagud Banyuwangien_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record