Show simple item record

dc.contributor.authorMOCHAMMAD AKBAR N. Y.
dc.date.accessioned2013-12-15T11:54:55Z
dc.date.available2013-12-15T11:54:55Z
dc.date.issued2013-12-15
dc.identifier.nimNIM060210301212
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8932
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan jenis penelitian True eksperiment yang bertujuan untuk mengetahui perbedaaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran kooperatif Jigsaw dengan yang diperoleh melalui model pembelajaran kooperatif STAD pada mata pelajaran pemasaran pada Subpokok bahasan produk tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Tanggul, Jember dimana subyek yang diteliti adalah siswa kelas XII PJ. Metode penentuan lokasi menggunakan metode purposive area. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII PJ 1 sampai dengan kelas XII PJ 3. Sampel yang digunakan adalah kelas XII PJ 2 sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperaif STAD dan kelas XII PJ 1 sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, wawancara dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Sebelum melakukan uji t terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dan dilakukan uji normalitas. Aktivitas belajar siswa dalam kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw memiliki Skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 90,47 % yang tergolong kriteria sangat aktif dan kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD memiliki Skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebeasar 69,04% yang tergolong kriteria aktif . Berdasarkan data tersebut maka dapat menjawab hipotesis yang diajukan bahwa ada perbedaan aktivitas belajar siswa antara model pembelajaran kooperatf Jigsaw dengan model pembelajaran kooperatif STAD pada mata pelajaran pemasaran. Hasil uji analisis data pada post tes dengan taraf signifikasi 5 % dan d.f. 82 diperoleh t tabel = 1,989 dan t = 4,82. Berdasarkan hasil penghitungan Uji t dapat diketahui bahwa nilai t hitung hitung > dari t tabel dengan demikian hipotesis nol (H ) ditolak dan hipotesis kerja (H ) diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatf Jigsaw dan model pembelajaran kooperatif STAD .en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210301212;
dc.subjectHasil Belajar siswa, Aktivitas Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw , Model Pembelajaran Kooperatif STADen_US
dc.titlePerbedaan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Yang Diperoleh Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dengan Model Pembelajaran Kooperatif STAD Pada Mata Pelajaran Pemasaran Pada SubPokok Bahasan Produk Di SMKN 1 Tanggul Tahun Ajaran 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record