dc.description.abstract | Pada keterampilan menulis, siswa diajarkan menulis karangan. Karangan
adalah suatu karya berupa tulisan untuk mengungkapkan ide dan gagasannya.
Salah satu karangan yang diajarkan di sekolah yakni karangan deskripsi.
Karangan deskripsi selalu ada dalam karangan yang lain, sehingga kemampuan
menulis teks deskripsi merupakan dasar yang harus dimiliki oleh seorang apabila
ingin terampil menulis. Pada keterampilan menulis karangan deskripsi, tidak
menutup kemungkinan adanya kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh siswa
khususnya kesalahan kalimat. Bentuk-bentuk kesalahan kalimat yang dibuat oleh
siswa harus dikurangi sampai ke batas sekecil–kecilnya jika mungkin dihilangkan
sama sekali.
Dalam penulisan karangan deskripsi yang dibuat oleh siswa kelas VII MTs
Nurul Islam Bondowoso masih banyak ditemukan berbagai bentuk kesalahan
kalimat. Berdasarkan hal ini, tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan (1) Bentuk-bentuk kesalahan kalimat, (2) faktor yang
mempengaruhi terjadinya kesalahanan kalimat dalam karangan deskripsi siswa
kelas VII MTs Nurul Islam Bondowoso.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, sedangkan rancangan
penelitian adalah kualitatif. Data penelitian berupa kalimat-kalimat yang
menunjukan adanya bentuk kesalahan kalimat dalam karangan deskripsi siswa
kelas VII MTs Nurul Islam Bondowoso. Sumber data penelitian ini adalah
karangan deskripsi siswa kelas VII MTs Nurul Islam Bondowoso. Teknik
pengumpul data berupa dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data terdiri
dari tiga hal, yakni (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan.
Instrumen penelitian berupa tabel pengumpul data dan tabel analisis data.
Prosedur penelitian terdiri atas tiga tahap, yakni (1) tahap persiapan, (2) tahap
pelaksanaan, dan (3) tahap penyelesaian.
Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa masih
banyak kesalahan kalimat dalam karangan deskripsi siswa kelas VII MTs Nurul
Islam Bondowoso. Kesalahan kalimat pada karangan deskripsi siswa kelas VII
MTs Nurul Islam Bondowoso terjadi karena adanya (1) kalimat tidak logis, (2)
kalimat tidak cermat, (3) kalimat tidak padu, (4) kalimat rancu (kontaminasi kata),
(5) kalimat tidak sejajar, (6) kalimat interferensi, (7) kalimat tidak hemat (8)
kalimat tidak gramatikal (9) kalimat kalimat taksa (ambigu).
Faktor penyebab kesalahan kalimat pada karangan deskripsi siswa kelas
VII MTs Nurul Islam Bondowoso terbagi atas dua faktor yaitu faktor internal dan
eksternal. Faktor internal yang dimaksud meliputi kurangnya penguasaan kaidah
kebahasaan dan kurangnya kesadaran siswa. Faktor eksternal berkaitan dengan
penyebab penggunaan bahasa yang berasal dari lingkungan penggunaan bahasa.
Salah satu faktor eksternal yang mneyebabkan kesalahan kalimat pada karangan
deskripsi yaitu adanya pengaruh bahasa yang lebih dikuasai yaitu bahasa ibu atau
bahasa sehari-hari.
Berdasarkan uraian di atas, dapat diberikan saran kepada guru hendaknya
lebih memperhatikan kesalahan siswa dalam menulis dengan cara mengoreksi
buku tulis siswa agar tidak terjadi kesalahan yang berulang-ulang dan
memberikan materi yang menarik mengenai penulisan karangan yang baik dan
benar agar siswa tidak bosan dalam mengikuti pelajaran. Bagi peneliti lain,
hendaknya hasil ini dapat dijadikan bahan pertimbangan serta masukan untuk
mengadakan penelitian lanjutan dalam ruang lingkup yang lebih luas tidak hanya
kesalahan berbahasa tataran kalimat. | en_US |